Jumat, 08 Januari 2016

Gudang Garam vs Djarum...Rival?

Welcome back to X-E Blog!
Happy New Year 2016!
Bagaimana momen tahun baru kalian?pasti menyenangkan ya hahaha.Di artikel pertama tahun 2016 ini,gw sebenernya bingung mau nulis apa.Sungguh kehabisan bahan dan akal.Maklum,kebanyakan libur otak jadi tumpul hohoho.

Setelah berdiam diri sejenak didepan laptop gw tercinta,akhirnya gw pun langsung terinspirasi oleh dua kotak rokok yang ada didepan gw.Karena gw saat ini sedang kekurangan budget kantong alias kantong tipis jadi beberapa minggu terakhir terpaksa gw membeli rokok kretek filter yang legendaris yakni Djarum Super.Keesokan harinya setelah stok Djarum mulai menipis....

Gw: "Bu,beli Djarum Super dong yang kemarin"

Ibu Warung:"Wah habis mas,adanya Gudang Garam"

Langsung dengan cepat terbesit kedua rokok "rival" ini.Maka gw pun langsung terinspirasi untuk membuat opini gw tentang dua rokok yang sebetulnya tidak berbeda jauh ini.Filternya sama-sama manis.....bau khas minyak cengkih yang harum dan bunyi "kretek-kretek" saat ditarik.Mari kita simak perbandingan antara keduanya!

Gudang Garam
Jauh setelah kretek ditemukan pada awal abad ke 19,tahun 1958,Surya Wonowidjojo berhasil menemukan pabrik rokok yang kemudian ia namai Gudang Garam yang berlokasi di Kediri.Nama itu Ia dapatkan dari sebuah mimpi saat tidur dimana Ia melihat sebuah Gudang penyimpanan garam dipinggir sebuah rel kereta.Ia pun mendesign logo perusahaan nya dengan apa yang Ia lihat didalam mimpi.

Sejauh ini banyak varian dari Gudang Garam.Yang paling terkenal setidak adalah Gudang Garam Merah,Professional,Dan Surya.Dari soal rasa,Gudang Garam memiliki tarikan yang sedikit lebih lembut namun tak dapat dipungkiri,Rokok ini termasuk berat karena mengandung 31 Mg Tar dan 2.2 Mg Nikotin.Maklum kalau para perokok pemula akan terbatuk-batuk setelah menghisap rokok asal Kediri ini...

Djarum
Lalu kita bergerak untuk sang rival Gudang Garam yakni Djarum.Rokok ini dibuat pertama tahun 1951 jadi sedikit lebih tua dari Gudang Garam.Bermarkas di Kudus,Jawa Tengah,Djarum kini lebih dikenal sebagai "filter" di kalangan masyarakat.Hal ini mungkin disebabkan oleh pemakaian filter pada rokok kretek (mengingat dulu masih belum ada pemakaian dilter pada jenis kretek).

Seperti yang udah gw katakan diatas,Djarum tidak jauh berbeda soal rasa dengan Gudang Garam namun,tarikan Djarum sangatlah tajam seperti namanya.Meskipun memang sungguh nikmat menemani disore hari yang sepi hahahahha.Untuk kekuatannya Djarum Super memiliki 32 Mg tar dan 1.8 Mg Nikotin.Masih termasuk kuat.

Opini Penulis
Kedua produk diatas memang sangat bersaing ketat.Disamping masih banyaknya brand lain yang juga besar seperti Bentoel dan Sampoerna.Soal tarikan memang lebih halus Gudang Garam tapi kalau soal style anak muda,lebih futuristik Djarum.Masing-masing memiliki nilai plus.Akan tetapi tetap saja....tidak ada rokok yang baik untuk kesehatan....

So Thanks for reading and Keep Living in the Moment with me Jeff Hardy!


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar