Sabtu, 07 Januari 2017

Sering Main Game atau Nonton Film Horror? Bahaya!

Welcome back to X-E Blog!
Untuk pertama kalinya ditahun 2017 ini, akhirnya gw bisa menyempatkan waktu untuk sedikit menulis. Sebelumnya Happy New Year untuk semua pembaca sekalian. Okey menemani malam minggu pertama ditahun ini, gw ingin membahas tentang suatu aktifitas yang mungkin saja terkenal dikalangan anak muda yakni tentang Horror.

Genre Horror merupakan saah satu genre atau jenis yang cukup diminati masyarakat negara berkembang termasuk Indonesia. Segala sesuatu yang terkait arwah penasaran pun kerap kali menemani waktu luang anda. berbagai adegan menyeramkan atau bahkan mengejutkan siap membuat jantung berdebar.

Namun tidak disangka ternyata, menonton film atau memainkan game horror memiliki dampak buruk bagi kesehatan kita. Bukan masalah saya atau anda penakut sehingga menjauhi genre yang satu ini. Biar gini2 gw pemain Fatal Frame dan dreadout yang menyajikan "jump scare" terparah sepanjang masa.

Namun kira-kira apa sih dampak negatif dari genre horror?

1.Mudah Terkejut
Berdasarkan pantauan Media Empower, Orang yang sering menyaksikan genre horror akan cenderung mudah terkejut alias latah. Seseorang juga dapat mengalami sebuah kecemasan besar bila berada ditempat yang relatif memiliki atmosfer yang masuk kategori seram. Bahkan sesuatu yang dianggap biasa pun dapat menjadi sebuah ketegangan luar biasa bagi si penderita.

Dan tentu saja nomor satu ini akan berhubungan dengan si nomor dua

2.Resiko Penyakit Jantung
Mengalami kaget atau rasa kejut memiliki dampak pula bagi kesehatan jantung. Lansiran doktersehat.com, denyut jantung akan meningkat dua samapi tiga kali lebih besar dari normal saat menyaksikan genre horror. Meskipun memang pada akhirnya, akan muncul rasa gembira atau lega usai menyaksikan, namun jantung anda akan lebih cepat lelah sama seperti orang yang baru saja lari marathon 100 meter tanpa henti.

Intinya boleh saja anda menikmatii genre yang satu ini, asalkan tidak berlebihan.

3.Anak-anak jadi Penakut
Menurut spesialis psikologis anak Indonesia Monica Sulistiawati, psikologis anak-anak yang mengikuti orang tua nya menyaksikan atau memainkan game horror akan menjadikan mereka lebih penakut. Hal ini memang terlihat sepele, meskipun dapat merugikan dirinya sendiri. Biar seseram apapun, film horror tetaplah sebuah fiksi yang diciptakan manusia. Anak-anak lebih rentan terkena dampak negatif dari horror karena pembentukan nalar mereka yang belum sempurna seperti orang dewasa.

Tidak heran biasa nya para pembuat film akan membatasi usia minimal untuk menyaksikan film karya mereka.

Bonus:

Okey guys itu dia tadi sedikit tentang dampak film horror bagi diri kita. Bukannya ngelarang, tapi kuranginn aja jangan terlalu sering. Kalo tau2 jantungan terus pingsan dan lagi sendirian, gimana? hehehhee

So thanks for your time and Keep Living In the Moment with Me Jeff Hardy!!!

sumber:
http://www.genmuda.com/kenapa-nonton-film-horor-sendirian-benar-benar-berbahaya/
http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20140924142300-255-4228/efek-buruk-film-horor-bagi-mental-anak/

1 komentar: