Sabtu, 01 November 2014

Cara Mengendarai Mobil Manual (M/T)

Hai Guys,Back to X-E Blog once again!
Wow...tanpa terasa kita semua memasuki penghujung tahun 2014.Waktu terasa cepat berlalu.Ceilah bahasa gw berat banget wkwkwkwkk.Hari pertama di bulan November 2014....sore hari yang panas karena habis pulang dari latihan mobil.Semenjak dinyatakan lulus dari sekolah mengemudi sekitar 2 bulan yang lalu,gw pun memulai rutinitas untuk latihan menyetir mobil bersama bokap gw tercintah setiap weekend kayak gini.Katanya sih biar gak lupa...hahahahah nice dad!

Gak kerasa sih udah sekitar 2 bulanan gw coba lancarin bawa mobil.Pertama belajar,gw masih umur 17 tahun tapi sayangnya waktu itu cuma sekadar iseng mencoba coba karena gw emang dah rencana bikin SIM A 2 tahun setelah gw bikin SIM C.Tujuannya supaya engga mepet2 abisnya.Lumayan lah jeda 2 tahun.Nah kali ini gw mau berbagi sedikit informasi yang gw dapat dari pengalaman gw selama naik mobil.Oh iya,tenang aja,gw bukan orang berada kok hehehehee mobil yang gw pake itu mobil kantor bokap alias minjem :p

Oke,tapi sebelumnya kita simak sekilas tentang mobil manual!

Mobil Transmisi Manual
(Dari Kiri ke Kanan:Kopling,rem,Gas)

Mobil Manual bisa dibedakan dengan 2 ciri khas yang membedakannya dengan mobil transmisi otomatis (matik).Mobil Manual memiliki pedal kopling di bagian kaki kita.Dan handle persneling yang ada di mobil jenis ini,sedikit berbeda dengan yang ada di mobil matik meskipun memiliki fungsi yang sama yakni mengendalikan posisi gigi percepatan.Jika pada mobil matik,handle persneling yang ada memiliki sedikitnya 5 indikator untuk perintah Jalan (D),Mundur (R),Parkir (P),Overdrive (OD) dll.Mobil Matic secara otomatis akan mengatur posisi gigi mobil saat tuas D di gunakan.

Pada mobil manual,handle persneling yang tersedia,berisi indikator posisi gigi yang harus di atur sendiri oleh rider nya.Memang sih,tingkat lelah jauh lebih cepat saat anda mengendarai mobil jenis ini.Namun bagi anda yang menyukai tantangan,tak ada salahnya untuk mencoba.Selain itu perlu diingat khususnya untuk para lelaki..."Real Man use Three Pedals" heheheheh

Cara Mengendarai
(yang diatas itu gw loh wkwkwkwk)

1.Menyalakan Mesin,Notice the Gear


Yang ini sudah pasti lah wkwkwkwk.Cuma orang bodoh yang mau menjalankan mobil yang belum dinyalakan hehehehe.Namun ternyata tantangan pertama jatuh pada saat mestarter mobil.Saat kita akan menyalahkan mobil,kita harus memastikan apakah handle persneling pada posisi netral atau tidak.Karena jika tidak pada posisi netral,mobil akan "loncat" karena masuk gigi.

Setelah dipastikan netral,putar kunci dari posisi lock ke On.

2.Menjalankan Mobil
(yang di tengah antara gigi 3 dan 4 itu netral ya)

Setelah mobil dinyalakan,harus diingat keselamatan nomor satu.Jangan lupa sabuk pengaman anda!Tidak lupa mengatur posisi tempat duduk supaya tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat.Pastian dua tangan anda di posisi antara jam 10 dan jam 2.

2.1 Menjalankan Dijalanan Datar
Untuk menjalankan mobil,lepaskan rem tangan,lalu injak pedal kopling sampai penuh,pindahkan handle persneling ke gigi 1,kemudian lepaskan kopling perlahan-lahan sambil sedikit mulai memasukan gas.Untuk kopling,gunakan selalu kaki kiri anda,sedangkan untuk rem dan gas gunakan kaki kanan.Setelah mobil mulai berjalan,anda bisa melepas kopling nya.Saat mobil memasuki RPM tinggi (mobil terasa sedikit bergetar disertai suara keras),tiba saat nya untuk ganti gigi persnelingnya.

Saat mengganti gigi,caranya sama dengan saat anda memasukan gigi 1.Injak kopling sampai full,lalu pindahkan handle persneling ke gigi 2,dengan perlahan angkat kopling sambil injak gas lagi.Hal ini juga berlaku saat kita menurunkan gigi dan saat memundurkan mobil.Ingat!Atur kecepatannya,jangan sampai terlalu ngebut....

2.2 Menjalankan Dijalan Menanjak


Sebagai catatan kecil,mengendarai di tanjakan,memiliki cara yang sedikit berbeda dengan jalanan datar.Saat anda berhadapan dengan medan seperti ini (umumnya didaerah dataran tinggi atau bahkan saat di tempat parkir di beberapa mall),sedikit berbeda trik nya terlebih saat berhenti dan ingin jalan lagi.Caranya adalah pastikan tuas rem tangan ditarik saat berhenti ditanjakan,injak kopling full,masukan gigi 1...kedengarannya sama seperti jalan datar kan?Tapi disinilah letak perbedaannya!Saat akan berjalan,jangan terburu buru untuk melepaskan rem tangan,melainkan injak dulu gas sedikit lebih dalam,lalu kombinasikan gerakan anda antara melepas kopling dan rem tangan secara bersamaan.Hal ini bertujuan agar mencegah mobil mundur saat ditanjakan serta mengurangi resiko bertabrakan dengan mobil belakang.

2.3 Menjalankan Mobil di Jalan Menurun

Yang ini sangat mudah.Tak banyak kesulitan sekalipun untuk pemula.Jika anda menghadapi turunan,cukup mainkan rem saja jika kecepatan dirasa sudah cukup.Jika dalam keadaan berhenti,injak pedal rem lalu lepaskan rem tangan,dan lepaskan pedal rem sambil tetap sedikit2 tetap di rem.

3.Menghentikan Mobil


Didalam pertemuan...pasti ada perpisahan.....didalam mobil yang di gas,pasti harus ada rem nya hahahahaha.Saat anda ingin menghentikan laju kendaraan,injak pedal rem sedikit (jangan terlalu dalam karena berbahaya jika rem mendadak seperti ini).Setelah mobil mulai melambat,injak kopling lalu netralkan posisi gigi nya

Penutup
(Test Drive yuk)

Alright guys,that`s all about my tips to ride a manual transmition car.Jika anda sudah cukup menguasai teknik diatas,anda sudah siap turun ke jalan.Tapi jangan lupa lengkapi diri dengan surat2 kelengkapan ya termasuk SIM.

So Thanks for reading and Keep Leaving in the Moment with Me Jeff Hardy!

3 komentar: