Sabtu, 15 Agustus 2015

Final Fantasy VIII..."Antara Pertarungan,Sihir dan Cinta"

"I'll be here..."
 "WHY?"
 "I'll be 'waiting'...here...
"For What?"-Rinoa
"I'll be waiting here...for you...so"

"If you come here"

"You'll find me"

I PROMISE-Squall

Hi Guys!!!Back to X-E Blog!!!
Kali ini X-E akan kembali bicara tentang game.Satu pertanyaan simple...siapa disini yang tidak tahu Final Fantasy?wahhh sepertinya agak mustahil ya...terutama bagi kalian yang hidup diera akhir 90an hingga awal 2000an pasti pernah mendengar judul game RPG yang cukup dikenal ini.

Salah satu game Final Fantasy atau yang lebih biasa disingkat sebagai "FF" & "Filfan" adalah Final Fantasy VIII (8).Game yang begitu fenomenal bwt gw dan byk gamers lainnya.kira2 apa sih Final Fantasy VIII menurut X-E Blog?here we goes again!

1.Synopsis

FF8 bercerita tentang seorang pemuda 17 tahun bernama Squall Leonheart yang tergabung dalam sebuah lembaga pendidikan khusus militer bernama Balamb Garden.Tujuannya para peserta didik adalah menjadi ksatria tangguh untuk menumpas para penyihir jahat.

Squall bertemu dengan banyak anggota klub SeeD (grup elite dari Balamb Garden) seperti Zell Dinct,Irvine Kineas,Selphie Tilmitt,serta salah satu guru muda mereka Quistis Trepe.Mereka ditugaskan untuk membasmi pengaruh para penyihir jahat yang mencoba menguasai dunia dengan sihir mereka.Suatu ketika,mereka mengetahui,bahwa penyihir jahat bernama Edea Kramer mencoba untuk merasuki pikiran rakyat!

Seiring dengan berjalannya cerita,Squall dan teman-temannya mengetahui bahwa Edea hanya lah sebuah boneka dari penyihir jahat yang jauh lebih kuat bernama Ultimecia dari masa depan.Ultimecia ingin meng-kompreikan waktu dan memutar balikan nya kembali sehingga Ia ingin menjadi Dewa yang hidup.Semua bergantung pada Squall dan Teman2nya untuk menyelamatkan dunia dari pengaruh Ultimecia!!!Squall pun harus berjuang untuk menyelamatkan dunia,mengalahkan pesaing terberatnya yakni Seifer Almasy dan memperjuangkan cinta nya dengan Rinoa Heartilly.


Berhasilkah mereka???pergi ke toko game,beli game nya (pake duit sendiri!),mainkan...temukan jawabannya!

2.Curhatan X-E Tentang Final Fantasy VIII 

(CD 1-4)

Secara umum,game ini memang memiliki cerita yang sedikit rumit untuk ditelusuri.Namun seiring waktu game ini dimainkan,anda akan mengerti pelbagai latar cerita dari masing-masing karakter di game ini yang kemudian bergabung menjadi satu sehingga menghasilkan jalan cerita yang menarik.

Saking panjangnya cerita game ini,1 Compact Disk tidak cukup menampung seluruh rangkaian petualangan.Dibutuhkan 4 disk untuk menampung seluruhnya.4 disk dari FF8 ini memiliki cerita yang menarik sekaligus menyedihkan bwt gw.

Sekitar tahun 2003,untuk pertama kali nya gw melihat Final Fantasy VIII.Waktu itu ada sepupu gw yang menginap dirumah gw dan membawa permainan tersebut.Gw pun langsung terkesima dengan permainan RPG yang satu ini.Karakter yang mempesona,teknik yang wow banget dll membuat gw betah duduk disamping sepupu gw itu padahal gw sendiri gk ngerti gmn mainnya ataupun jalan ceritanya.Berhubung saat itu gw belum bisa bahasa inggris.

(uang papa habis gara-gara kamu!anak nakal!)

akhirnya gw pun memutuskan untuk mencoba game tersebut.Gw mengajak bokap gw ke toko game dan membeli satu set FF8 yang 4 disc itu.Bokap sempat terkejut karena mahalnya 4 disc yakni Rp 20.000 (saat itu masih termasuk mahal).Sampai dirumah,gw coba......gak bisa.Gw pun mencoba menukarkan kaset tersebut namun tidak diterima karena sudah ada "baret" di cakramnya.Jadi terpaksa gw harus membeli lagi yang baru (maklum masih kecil belum bisa ngomong banyak).Hasilnya,ketika mencoba CD yang baru pun.....tetap tidak bisa.Bokap gw langsung marah sepanjang pidato presiden ke gw....maap kali pa....Ternyata gw baru menyadari bahwa mesin Playstation gw lah bermasalah...Emang dasar belum rejeki kali ya.

FF8 menurut gw memang sesuai dengan judul diatas.Latar ceritanya merupakan perpaduan antara Peperangan dipadukan dengan sihir (hayalan) serta disisipkan dengan percintaan.Watak tokoh yang berbeda pun memiliki ciri khas yang kemudian trend di setiap seri Final Fantasy selanjutnya.Benar2 percerminan dari kehidupan sosial di kehidupan nyata.Selain itu,player diberikan rasa nyaman dengan aura lingkungan sekolah SMA yang terkenal hangat.

3.Platform Game
(Final Fantasy VIII untuk versi PC edisi pertama terbitan EIDOS;2000)

Final Fantasy VIII aslinya dirilis untuk Playstation 1 pada tahun 1999.Game ini menjadi game yang bisa dibilang laris di Amerika Serikat dengan posisi tertinggi selama 3 minggu berturut turut (sebelum disusul oleh Grand Turismo 2 di akhir 1999).Berhubung mesin PS1 gw bermasalah dan gw malas untuk memperbaiki,jadi gw tidak memainkan game ini.

Setahun kemudian pada tahun 2000,EIDOS menerbitkan game ini untuk platform Personal Computer atau PC.Seperti hal nya pada versi Playstation,versi PC ini juga membutuhkan 4 disc untuk instalasi nya dengan dilengkapi 1 disc extra untuk demo dan petunjuk penginstalan (total ada 5 disc).Kedua platform ini mendapatkan reaksi yang sangat baik dari player dan peniti permainan konsol seperti gamespot dan famitsu.Meskipun versi EIDOS mendapatkan kritik karena kerap terjadi error yakni "Insert Wrong Disc".Hal ini dikarenakan adanya produk bajakan yang terkena "corrupt file" sehingga menghasilkan error saat di-install

(Versi Steam untuk PC)


(Trailer FF8 versi Steam)


Gw yang tak bisa memainkan seri ini akhirnya "menetap" di seri Final Fantasy X.Ada pun keinginan untuk membeli versi PC,namun sudah jarang ditemui di Indonesia khususnya Jakarta.Gw sempat melihat disebuah toko DVD game PC di daerah Jakarta Utara yang menjual DVD game kompilasi dari Final Fantasy I hingga IX yang berarti termasuk FF8 namun ketika gw coba tes kaset tersebut,tingkat kerumitan instalasinya sangat tinggi dan game ini tidak bisa disupport dengan joystick.

Semua berlanjut hingga satu hari di bulan Desember 2013....Final Fantasy VIII dirilis oleh Steam di PC!!!Gw pun langsung membeli game ini dan....Thadahhhhh!!!!Welcome to Balamb Garden!Versi Steam masih mempertahankan originalitas dari versi2 sebelumnya.Hanya kualitas gambarnya kini jauh lebih baik dan game ini semua tersedia hanya dalam satu kepingan DVD (tak seperti sebelumnya yang membutuhkan 4 disc).Versi Steam ini juga memiliki unsur curang yakni Magic Booster yang membuat player bisa memaksimumkan beberapa jumlah magic seperti Cure,Cura,Curaga,Blind,Zombie,Break,Fire,Fira,Thunder,Thundara,Bio,Esuna,Death,Confuse,Silence,dan Sleep hingga angka 100.

Jadi overall nya FF8 dirilis di Platform PS1 & dua versi di PC!

4.Sisi Positif
(Bahamut)

Banyak sisi positif yang gw dapat selama memainkan game ini.Salah satu nya adalah Guardian Force atau GF (Summon) yang keren2 semuanya.GF yang paling gw sukai di game ini adalah Bahamut.

Limit Break adalah hal kedua yang gw sukai dari game besutan Square-Enix ini.Limit Break adalah jurus yang dimiliki oleh masing-masing karakter yang beragam.Ada limit break yang bersifat menyerang ada juga yang bersifat untuk "healing" para karakter.

(Limit Break dari Zell)

Limit break hanya dapat dilakukan pada saat Hit-Point atau HP dari karakter mencapai level rendah atau critical (ditandai dengan HUD bar menjadi warna kuning).Limit Break juga bisa digunakan secara instan dengan penggunaan magic Aura.

(sample music "Balamb Garden")

Selain GF dan Limit Break,ada satu hal lain yang membuat terkesima dengan game ini.Apalagi kalau bukan music nya!Music dari game ini disusun rapi oleh tangan kreatif Nobuo Uematsu yang merupakan komposer terkenal di sejarah panjang Final Fantasy Series.

5.Sisi Negatif 
Tak ada gading yang tak retak....meskipun game ini mampu menyihir para pemainnya,game ini tak lepas dri kekurangan.Menurut gw,game ini kurang memiliki feel penghayatannya karena tak ada dubbing atau pengisian suara.Memang saat itu Final Fantasy masih belum menyediakan fasilitas dubbing atau voice over hingga Final Fantasy X.

Beberapa gamers juga seringkali melaporkan adanya kerusakan terutama pada saat pergantian Disc (untuk versi PS1 dan PC EIDOS) dimana game mengeluarkan peringatan "error disc".Final Fantasy VIII juga mendapatkan kritik karena adanya beberapa glitch yang bersifat minor saat memainkan game.

6.PS2 Tech Demo

Selain terkenal sebagai game,Final Fantasy VIII juga terkenal sebagai salah satu sarana demo untuk PS2.Adegan yang digunakan adalah adegan dansa Squall dan Rinoa pada saat pesta pernobatan anggota SeeD di Balamb Garden.

Demo Tech bertujuan sebagai ajang promosi untuk memperkenalkan kekuatan dari produk baru yang akan dipasarkan.Untuk membuat kesan yang lebih menarik,publisher Playstation yakni Sony menggunakan video dari konsol generasi sebelumnya dengan game yang sudah "merakyat".

7.Gallery









Okey Guys itu dia tadi review singkat X-E Blog tentang FF8 yang melegenda di antara para gamer RPG.Bagi yang ingin mencoba,tebus dengan harga yang sudah ditentukan di shopping game center terdekat hehehehe

So thanks for reading and Keep Living in the Moment with me JEFF HARDY!!!

2 komentar:

  1. mantep gann , ane lagi nyelesain disc 4 nya nih setelah 1 tahun ketunda hehehee

    BalasHapus
  2. mantep gann , ane lagi nyelesain disc 4 nya nih setelah 1 tahun ketunda hehehee

    BalasHapus