Sabtu, 16 Juli 2016

Perpanjangan STNK 5 Tahun

Welcome back to X-E Blog!
Okey sebelumnya Selamat Idul Fitri bagi semua kawan muslim sekalian semoga kita semua mendapatkan berkah di hari raya ini.

Kali ini gw akan sedikit berbagi tentang pengalaman gw saat memperpanjang STNK 5 tahunan alias ganti plat.Ini mungkin sudah bukan yang pertama namun siapa tahu hal ini bisa berguna bagi kawan-kawan sekalian.

Berawal dari kecurigaan gw pada si motor yang plat nya menunjukan angka dewa yakni "07-16".....WHAT THE HELL!!!!Udah mau abis masa berlakunya!!!Berhubung ini memang sudah bulan Juli dan STNK akan dinyatakan habis pada tanggal 21 nya.Kurang dari seminggu dari saat artikel ini di publish.So tanpa membuang waktu lagi,gw langsung loncat dari tempat tidur dan kebut ke Samsat Gunung Sahari,Jakarta Utara.

Yang harus disediakan untuk perpanjangan STNK 5 tahunan adalah:
1.STNK Lama
2.BPKB
3.Kendaraan
4.Pulpen
5.Uang secukupnya

(Loket Pengambilan dan penyerahan form cek fisik)
 
Waktu menunjukan pukul 8 pagi saat gw tiba di Samsat.Dan itu berarti layanan kantor baru saja dibuka pada jam tersebut.Sampai disana gw langsung diarahkan menuju bagian cek fisik kendaraan untuk proses pengarsiran nomor rangka dan mesin.Arahkan diri anda menuju loket dan ambil form untuk cek fisiknya.Tentunya kendaraan harus dibawa ke tempat.Disini gw mengalami suatu hal yang cukup menggelitik.

Gw malah disuruh untuk melakukan pengarsiran nomor sendiri termasuk bongkar pasang body.Si petugas yang juga warga sipil ini hanya mengawasi gw saja.Dan pada akhirnya,si petugas ini dengan santai meminta sejumlah uang kepada gw.weiittsss...sorry yahh...gw gak suka tipe orang kayak gini...kerja kagak duit minta.Hadeh...pungli emang sulit diberantas.

(Blanko Cek Fisik)
 
Kembali lagi ke topik awal.Setelah proses pengarsiran nomor rangka dan mesin,serahkan form kembali ke loket untuk disatukan dengan STNK lama beserta KTP sesuai dengan nama yang tercantum di STNK nya.Tunggu lah proses tersebut sekitar beberapa menit.Semua proses cek fisik GRETONG alias Gratis alias tidak dipungut biaya apapun.

Setelah cek fisik selesai,parkirlah kendaraan anda ditempat parkir biasa yang telah ditentukan dan masuk ke gedung utama untuk proses administrasi lanjutan.Namun sebelum itu pastikan anda untuk memfotocopy beberapa hal seperti KTP dan BPKB kendaraan.Harga fotocopy disini sudah "paket" jadi anda harus membayar Rp 5.000,-

(Petugas fotocopy dan gw saling berfoto)

Petugas fotocopy di Samsat Gunung Sahari berjumlah cukup banyak namun tetap saja antrean panjang dan desak-desakan tidak terhindarkan.Namun karena gw datang masih cukup pagi,jadi tidak begitu penuh.Petugas fotocpy nya pun sangat lucu dan ramah.Saat gw mengambil foto untuk keperluan blog,Ia juga mengambil foto diri gw yang sedang mengambil foto.Aduh jadi saling foto satu sama lain hahaha.

Digedung utama,serahkan semua lembaran berkas ke loket sesuai kendaraan anda mobil atau motor.Tunggu beberapa saat hingga nama anda dipanggil.Setelah dipanggil bayarlah sesuai harga yang tertera di surat keterangan pajak dan STNK nya.Kemarin biaya yang gw keluarkan sebesar Rp 197.000,-.Anda akan memerima bukti pembayaran sebanyak dua lembar (putih dan biru). Disini,once again tunggu beberapa menit untuk pengambilan STNK anda yang baru.Serahkan bukti bayaran yang berwarna biru di loket pengambilan STNK (yang putih anda simpan untuk selanjutnya).

(Loket Pembuatan Plat Nomor atau TNKB)

Arahkan diri menuju loket pembuatan TNKB anda.Serahkan bukti pembayaran yang berwarna putih agar petugas bisa membuatkan plat nomor anda yang baru.Proses ini tidak memakan waktu yang lama namun tetap tergantung pada kuantitas antrean nya.Dan untuk yang satu ini juga gratis!
Dan akhirnya tuntas sudah!!!
Proses ini memakan waktu 2 jam guys!Luar biasa cukup membuat anda pegal-pegal terutama di bagian kaki.Tapi pengalaman yang sungguh berkesan dan menyenangkan dimana kita bisa mengurus administrasi kendaraan kita sendiri tanpa calo atau perantara.Do it by yourself as you still able to stand by your own two feet!

Okey then guys that's all my little story about all of these,and hope this works for your guide.

So thanks for Visit and Keep Living in the Moment with Jeff Hardy!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar