Jumat, 11 September 2015

Tips Menggunakan WIFI Publik

Welcome back to X-E Blog!!!
Okey setelah hampir 2 minggu tidak mendapat inspirasi untuk menulis,akhirnya gw pun memutuskan untuk kembali sekedar berbagi tips dengan pembaca sekalian.

Inspirasi ini didapat tak sengaja.Singkat cerita gw lagi sekedar duduk2 minum kopi susu untuk menghilangkan kejenuhan di tengah kepadatan kota hehehehehe.Disebuah tempat minum kopi dan makan donat terkemuka (tahu lah apa yang gw maksud) gw melihat sebuah logo yang tak asing lagi bagi pembaca sekalian.Banyak sekali orang kurang bermodal untuk bayar paket data di Gadget mereka menggunakan layanan ini hehehehehe no offense yak.

Yaps!Free WIFI!
Bagi kalian yang sering nongkrong di tempat semacam ini,bukan hal yang asing bila kita diberikan fasilitas untuk menikmati Wifi gratis ditenpat tersebut sepanjang kalian merupakan customer aktif alias bayar dulu baru nikmati hehehehehehe.Pengetahuan akan informasi seakan sudah menjadi hak semua orang zaman ini.

Namun tak disangka,layanan WIFI gratis ini pun tak luput dari marabahaya dunia digital (baca:virus).Mengingat hampir 70% pengguna Smartphone dan Tablet PC sangat menggemari fasilitas WIFI gratis,ini merupakan peluang tersendiri bagi para hacker yang mencoba untuk mencari keuntungan dari para korbannya.

Bahkan menurut sumber,tak jarang zona WIFI gratis adalah tempat penyebaran virus berbahaya seperti Trojan Horse dan Malware.

Maka X-E akan berbagi sedikit tips bagi kalian yang suka berselancar didunia internet dengan yang "gratisan" ini.

Tips Menggunakan WIFI Publik:
1.Hindari Membuka Jejaring Sosial atau Semacamnya
Saat kita berada di tempat yang masuk dalam jaringan WIFI gratis,ada baiknya jika kita menghindari membuka jejaring sosial atau website yang mengharuskan kita untuk login dengan ID dan Password.Bukan tidak mungkin,para hacker bisa mencuri data termasuk password dan ID yang kita miliki.

Jadi jika anda ingin menggunakan fasilitas ini,gunakan hanya untuk sekedar browsing di Google atau situs lain yang telah terjamin keamanannya.

2.Hindari Pengiriman atau Penerimaan File dalam Bentuk Apapun
   
Kurang lebih sama pada poin pertama.Anda juga harus berhati-hati saat akan mengirim ataupun menerima file dalam bentuk apapun seperti file lagu,video ataupun dokumen penting lainnya.Bisa jadi data akan tercemar oleh virus pada saat proses sending atau pada saat downloading.

3.Say No to Internet Banking
Ini adalah suatu pantangan besar.Hacker yang handal dapat mencuri data di account Internet Banking milik anda yang dapat menyebabkan uang hasil jerih payah melayang dalam waktu singkat.Kalau memang anda memiliki keperluan mendadak seputar transfer dan pembayaran melalui layanan bank online ini,lebih baik anda menggunakan paket data internet yang anda bayar.Lebih baik kehilangan sedikit kuota daripada kehilangan uang ratusan juta di rekening nada bukan?
   
4.Pastikan Website terdapat "Https"
Tak semua website telah dienkripsi oleh pembuatnya.Maka saat anda menggunakan fasilitas WIFI gratis,pastikan di bagian address bar terdapat keterangan "https".Tujuannya adalah agar anda dapat mengetahui situs tersebut dapat dipertanggung jawabkan eksistensinya didunia maya. 

5.Gunakan dan Update Antivirus Terpercaya Pilihan Anda!
Karena hal ini memang menyangkut keamanan anda dari virus komputer maupun ponsel,gunakanlah antivirus terpercaya.Saat ini telah banyak terdapat antivirus yang dapat anda download dengan gratis ataupun berbayar untuk mendapatkan proteksi yang lebih mutakhir.Jangan lupa pula untuk melakukan update setiap saat agar antiviurs anda tetap prima dalam melindungi gadget dan laptop anda semua.

Pemimpin divisi kriminal digital dari Europol bernama Troels Oerting mengatakan bahwa kejahatan dunia mayamelaui jaringan WIFI semakin meningkat memasuki era digital ini.Hal itu terbukti sulit untuk dibasmi melihat banyak orang yang menggunakan smartphone modern.Semakin modern ponsel yang anda gunakan,semakin bahaya pula virus yang tertarik untuk merusaknya!

 Okey guys itu dia tadi sedikit tips dari X-E Blog tentang bagaimana untuk berwaspada dalam menggunakan fasilitas WIFI gratis!Ini bukan berarti anda dilarang untuk menggunakan fasilitas ini.Toh sudah disediakan mengapa tidak boleh digunakan?Ini hanya sekadar untuk melindungi anda dari serangan hacker yang tak bertanggung jawab

So Thanks for reading and Keep Living in the Moment with Me JEFF HARDY!!!

Sumber:
http://www.apakabardunia.com/2014/03/bahaya-wifi-gratis-dan-cara.html
http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&ved=0CCUQFjABahUKEwionK6Ep-7HAhXKcI4KHZMDBy0&url=http%3A%2F%2Fwww.tribunnews.com%2Fiptek%2F2012%2F05%2F17%2Fwaspada-bahaya-menggunakan-jaringan-wi-fi-publik&usg=AFQjCNHmtDIUsaMGMtZ0xGbejDCxo_0eiQ&sig2=dKtabqFDnvSSHjsyy9Qqnw 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar