Minggu, 07 Februari 2016

Angpao (Tahun Baru Imlek)

Hai guys,Welcome back to X-E Blog!And Happy Chinese New Year!
Seperti pada tradisi setiap tahunnya,warga Indonesia keturunan Tionghoa selalu merindukan satu momen yang indah ini,apalagi kalau bukan Imlek.Tahun baru China memiliki keistimewaannya tersendiri.Menariknya,salah satu keistimewaan yang paling melekat adalah Angpao.

Nama Angpao sendiri dipinjam langsung dari bahasa Tionghoa yakni "Hongbao/ 紅包" atau dalam bahasa Indonesia adaah "Amplop Merah".Angpao yang berisikan uang ini memang lebih lazim diberikan oleh para orang tua kepada mereka yang masih anak anak dan lajang saat Imlek.Namun bisa juga diberikan pada saat tertentu lainnya seperti pada saat pernikahan atau selamatan.

Tujuan pemberian angpao sendiri biasanya disertai dengan beberapa harapan seperti rahmat kesehatan,sukses dalam karir,dan enteng jodoh.

(Pic from:www.123rf.com)

Namun dibalik meriahnya pembagian angpao saat Imlek,ada beberapa sejarah yang tercatat mengenai awal mula pemberian angpao sendiri termasuk legenda yang diceritakan pada zaman dulu.Seperti apa ya kira-kira?

Legenda Angpao
Legenda ini merupakan mitos yang terkenal di China.Pada zaman dulu,dipercaya ada sebuah mahkluk halus yang jahat menyerupai binatang buas dan seringkali menyerang anak kecil menjelang perayaan tahun baru.Mahkluk ini suka sekali mengelus dahi anak-anak dan membuat mereka menjadi gila.Tak ingin terjadi demikian,Banyak orang tua yang menjaga anaknya semalaman saat malam tahun baru (gila apa gak ngantuk besoknya pas imlek ya?).Tentu saja mereka sangat khawatir dengan keselamatan anak mereka.Maka,mereka sepertinya mengusung konsep "Devil vs Human"...

(Manifestasi "Human vs Devil"...well it is actually Hwoarang vs Devil Jin from Tekken)

Pada sebuah keluarga,sepasang orang tua bermain dengan anaknya yang senang memainkan kertas amplop berwarna merah yang berisikan uang koin (waktu itu belum ada uang kertas ya).Karena kelelahan bermain (gimana lelahnya mainin angpao ya?) seluruh anggota keluarga tertidur lelap.Malam itu juga,Mahkluk halus yang jahat masuk kedalam rumah dan mencoba untuk menyerang si anak.

Secara mengejutkan amplop merah yang berisi uang itu tiba-tiba mengeluarkan sinar yang sangat terang.Suami dan istri pun terbangun dan terkejut setengah modar setelah melihat mahkluk halus itu berada didalam rumah mereka.Amplop merah terus mengeluarkan sinar dan si mahkluk halus itu tiba-tiba meringis kesakitan dan keluar dari rumah itu.

Cerita ini pun akhirnya menjadi legenda angpao yang terkenal dan dilakukan hal yang sama setiap tahun baru tiba yakni dengan memberikan amplop merah kepada anak-anak dari orang tua.

Angpao Saat Ini

Seperti yang gw katakan diatas,Angpao saat ini telah menjadi sesuatu yang paling ditunggu saat perayaan Imlek.Pembukaan angpao biasanya dilakukan setelah perayaan.Hal ini untuk menghormati mereka yang memberikannya.

Tak hanya itu,wujud kertas angpao saat ini pun banyak didapati perubahan yang unik.Jika dahulu angpao hanya berbentuk kertas amplop merah yang simpel bertuliskan "Gong Xi Fa Chai",saat ini kertas angpao sangatlah unik dengan gambar-gambar yang diminati oleh anak-anak seperti penempatan tokoh kartun disney atau karakter kartun lainnya yang disesuaikan dengan tahun imlek saat itu (contoh:Imlek 2016 adalah tahun Monyet jadi yang disertakan adalah karakter Sun Go Kong).

Ayo Berburu Angpao
Oke deh guys,itu dia tadi sedikit tentang angpao,si amplop merah yang fenomenal dan paling dicari saat imlek.Banyak sekali orang yang memburu amplop merah ini saat imlek dengan gigih bagaikan densus 88 yang memburu teroris hahahaha lah kok jadi ngaco.

Jadi tunggu apa lagi?Mari kita berburu angpao!!!
So thanks for visit,Happy Chinese New Year,And Keep Living in the Moment with Me Jeff Hardy!!!

sumber:
http://www.vemale.com/fashion/pernik/19707-fakta-menarik-seputar-ang-pao-dan-legenda-di-baliknya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar