Senin, 29 Februari 2016

Korea Selatan dan Korea Utara!

Welcome back To X-E Blog!
Dilihat dari judulnya,seakan kali ini gw akan membahas tentang isu politik?hmm no of course hahaha

Pertama-tama,gw ingin bertanya pada kalian sesama orang Indonesia...Apa yang terbayang pada benak kalian ketika mendengar kata "Korea"?Pasti akan terlintas sebuah negara yang terkenal dengan liran musik K-Pop yang mereka miliki.Hal ini identik dengan Korea Selatan (Korsel) yang memang mendunia mengingat K-Pop sempat booming di Indonesia beberapa tahun yang lalu.

Namun sebagian orang tentu mengingat bahwa Korea Selatan memiliki saudara tua...Yaps!Korea Utara!


Perpisahan dua negara ini harus kita lihat jauh kebelakang pada saat abad ke 19 yakni kekaisaran Jepang yang berujung pada Russia dan Amerika Serikat yang akhirnya membelah Korea menjadi dua (tanpa keterlibatan dua Korea)

Setelah era perang usai,kedua negara Korsel dan Korut ini mengalami perkembangan yang sungguh berbeda.Hal inilah yang menjadi artikel untuk gw tulis hari ini.

Mari kita mulai dari Korea Utara terlebih dahulu

Korea Utara

Korea Utara atau secara resmi disebut sebagai Republik Demokratik Rakyat Korea adalah negara yang berpenduduk 24 juta jiwa dan dipimpin oleh Kim Jong-Un yang juga menjadi kepala negara termuda didunia (saat terpilih berusia sekitar 33 tahun).Korut beribukota di Pyongyang (juga kota terbesar).Negara ini hanya memiliki satu partai politik yakni Partai Buruh Korea.

Kehidupan dinegara ini boleh dibilang sederhana dibandingkan negara Korsel yang advance.Namun demikian Korut memiliki senjata nuklir yang membuat negara lain mewanti wanti agar Korut berpikir dua kali untuk menggunakannya.Senjata nuklir kan sangat berbahaya jika benar-benar digunakan.

Soal musik,Korut memiliki irama musik yang cenderung Oldies.Salah satu girlband yang terkenal di negara ini adalah Moranbong band.Lagu yang dilantunkan adalah lagu bertema peperangan dan ketentaraan.Maklum seperti hanya Korsel,Korut memiliki aturan wajib militer yang kuat guna menguatkan area perbatasan dengan negara tetangganya.

Dari segi infrastruktural,Korut juga sedikit dibelakang.Salah satu satelit menangkap perbandingan suasana Kortut dimalam hari yang sangat gelap.Hanya beberapa area saja yang terlihat terang.Sedangkan Korsel...jangan ditanya terang benderang.

Indonesia adalah satu dari beberapa negara yang menjalin persahabatan akur dengan negara tertutup ini.

Korea Selatan

Korea Selatan atau lebih disebut secara resmi sebagai Republik Korea adalah negara beribu kotakan Seoul.Negara ini memiliki penduduk berjumlah 51 juta jiwa.Negara ini berbatasan langsung dengan Korea Utara yang juga masih dalam satu pulau yang sama.

Ironisnya,orang Indonesia mengenal Korsel bukan dari keindahan negaranya melainkan dari fenomena musik mereka..uhum...K-Pop.


Berbeda dengan Korut yang oldies,Korsel memiliki style yang beragam ala Western seperti rock,pop,dan indies disertai dengan gerakan modern dance yang sangat sulit dilakukan.

Korea Selatan juga memiliki aturan wajib militer dinegaranya yang diutamakan untuk pria.Namun para wanita yang ingin bergabung pun juga dipersilahkan.males banget...

Hingga pertengahan 2015 lalu,sudah tercatat beberapa kasus gencatan senjata antar dua negara Korea.Masalah yang diperdebatkan umumnya adalah masalah perbatasan negara dan juga senjata nuklir yang dimiliki Korea Utara.Meskipun memang pada akhirnya kedua negara bersepakat untuk berdamai,hal ini tidak menutup kemungkinan akan adanya gencatan lagi...

Mari kita doakan saja supaya kedua negara ini aman tentram dan sentosa!

So thanks for visit and Keep Living in the Moment with Me Jeff Hardy!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar