Minggu, 14 September 2014

Kemenangan Cinta "Alter" & Jane (Transgender 13)

Welcome back to X-E Blog in your boring day!
hey guys,masih ingat gk dengan sebuah kejadian mencengangkan yang terjadi pada sekitar tahun 2010 lalu tentang seorang pria transgender yang dituduh memalsukan identitas untuk menikahi seorang wanita pujaannya??

Yes!Ia adalah Alterina Hofan.Ia adalah seorang lelaki trasngender yang mengalami kelainan pada tubuhnya.Alter ini juga akan menjadi transgender ke 13 yang gw tulis secara ekslusif sekaligus merupakan satu2nya transgender yang berjenis kelamin laki laki di blog gw yang bodoh ini.

Sudah lupa?atau masih ingat?oke deh,untuk lebih jelas,mari kita simak liputan gw yang satu ini!

Biodata Singkat
Nama Asli:Alterina Hofan
Tempat/Tanggal Lahir:Jayapura,1November 1977
 Tinggi Badan:?
Berat Badan:?
Status:Menikah

Ia bernama Alterina Hofan.Ia dilahirkan di Jayapura,1 November tahun 1977.Jadi saat artikel ini ditulis Ia berusia hampir 37 tahun.

Sejak ia dilahirkan,Alter mangalami sebuah kelainan genetik pada tubuhnya yang disebut klinefelter atau kelainan pada kromosom seks nya.Normalnya seorang laki-laki memiliki pasangan kromosom seks XY dan perempuan XX.Para pengidap sindom ini memilikinya sebagai XXY.Sejak berusia dua bulan alat kelamin laki-lakinya tumbuh,namun buah dadanya terus saja mekar seperti perempuan pada umumnya.

Meskipun orang tua mengenal Alter adalah wanita,Ia meronta karena Ia merasa bahwa ia bukan wanita namun sebaliknya.Saat duduk dibangku SD,Ia menolak untuk memakai rok untuk pergi sekolah.Alter tetap bersikeras untuk mengenakan celana untuk sekolah,namun Ibu nya terus memaksanya untuk memakai rok.Pada sebuah interview singkat,Ibu Alter menyesali perbuatannya yang telah keras terhadap sang anak.

Jiwa Alter pun meronta dan pada November 2006,Ia melakukan operasi pengangkatan payudara di Kanada.Sebelum operasi.Ia diharuskan lulus tes kejiwaan terlebih dahulu,karena pihak medis tak mau melakukan operasi pada seorang yang belum tentu jiwanya pria.

(Ibu dari Alterina didampingi oleh sang adik Ivon)

Sepulangnya  dari Kanada,tanggal  18 Desember 2006, Alter mengajukan permohonan koreksi jenis kelamin kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Jayapura,di Papua Barat. Permohonan itu tidak serta-merta dikabulkan,Alter harus kembali menghadapi pihak rumah sakit guna mengikuti serangkaian pemeriksaan. Setelah Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo ( RSCM ) Jakarta mengeluarkan hasil pemeriksaan yang menyakinkan, barulah jenis kelamin Alter diubah oleh catatan sipil di sana.

Tumbuhnya Benih Cinta

 
 (Alterina <3 Jane)

Sekitar dua tahun sejak operasi,Alter kemudian kembali ke kehidupannya yang normal.Namun ia merasa kurang lengkap sebagai seorang lelaki,yang tidak memiliki pasangan wanita (seperti gw saat ini....).Ia kemudian akhirnya bertemu dengan sang pujaan hati bernama Jane Deviyanti Hadipoespito.Pertemuan mereka terjadi di Bandara Changi,Singapura saat ibunda Jane,Maria Grace,yang merupakan teman satu klub golf bersama Alterina,memperkenalkan Alter dengan putri nya tersebut.Jane sendiri merupakan Putri dari pendiri sebuah Universitas Swasta di Jakarta (udee Binus aja sih hehehehehe)Alhasil,mereka saling bertukar nomor HP dan Pin BB.Dari sinilah,jalinan asmara terhubung diantara mereka berdua.

Jane yang terajana pada Alter, meminta Alter untuk menemaninya menuntut ilmu di San Fransisco,USA.Alter menuruti keinginan kekasihnya itu.Saat itu Alter belum berani untuk menceritakan tentang sindoma klinefelter yang dialaminya. Alter takut Jane akan meninggalkannya. Namun setelah mengumpulkan keberanian, Alter menceritakan semua yang dialaminya kepada Jane.

Ketakutan Alter ditinggalkan oleh Jane tidak terbukti.Jane justru semakin mencintai Alter.Pada tanggal 9 September 2008 mereka mengokohkan ikatan cinta dengan menikah di Las Vegas, Amerika Serikat.Namun,Pernikahan inilah yang menjadi awal ujian terberat cinta yang mereka coba untuk dikokohkan!

Cinta vs Status Hukum vs Jenis Kelamin
Setelah menikah,timbulah permulaan penderitaan untuk pasangan yang "Just Married" ini.Jane sadar keputusannya untuk menikah dengan Alter akan ditentang oleh orang tuanya. Karena itulah Jane melarang Alter untuk memberitahukan tentang pernikahan mereka, sampai Jane lulus kuliah dan wisuda.

Namun begitu orang tua Jane mengetahui hubungan spesial anak mereka dengan Alter,mereka langsung marah besar.Sejak inilah,Jane dilarang untuk keluar sendirian kecuali jika dikawal dengan pengawal pribadi mereka.Akan tetapi,usaha ini tidak berhasil untuk memisahkan keduanya.Akhirnya Orang tua Jane melaporkan Alter atas dasar pemalsuan identitas.Alter pun akhirnya ditangkap dan dipenjarakan atas tuduhan tersebut.

Dimata Orang tua Jane,Alter adalah seorang perempuan,namun dimata Jane,Ia adalah lelkai yang gentle dan tulus mecintai dirinya yang memiliki keterbatasan dalam berbicara dan mendengar.Oh iya,gw ampir lupa,Jane sendiri adalah wanita tuna rungu.

Polisi sendiri merasa bingung untuk menempatkan Alter.Di penjara laki-laki atau penjara perempuan. Semula di bawa ke Pondok Bambu tempat tahanan perempuan. Ditolak karena dia mengaku pria. Tapi kalau dimasukan ke penjara laki-laki repot juga. Toh Alter ditangkap dengan tuduhan menyamar jadi pria.Akhirnya Ia pun di tahan di sel khusus wanita di Rutan Pondok Bambu Jakarta,namun di sel yang jauh terpisah dari sel wanita yang lain.Sejak inilah,Alter menjadi bahan pembicaraan yang hangat bahkan mendidih selama quarter kedua dan ketiga tahun 2010.

Jane:"Alter,Aku Hanya Ingin Bahagia Bersamamu"
 (Page Facebook "Gerakan Peduli ALTER & JANE)

Alter juga tidak terlepas dari berbagai hinaan selama kasusnya melangit di publik.Jane yang tak mau tinggal diam melihat suaminya dicerca dan diperlakukan secara diskriminasi,mulai memutar otak untuk membebaskan suaminya tercinta. Ia meminta audiensi kepada KOMNAS HAM agar membuat penangguhan penahanan bagi Alter dan menggalang dukungan lewat Facebook dengan “Gerakan Peduli Alter dan Jane”.Gerakan ini mendapat lebih dari 2000 like.Wow,sebagai anak Ilmu Komunikasi,gw bangga karena kembali jejaring sosial ambil andil besar dalam "Alter`s Salvation" hahahahahaaha.Jane menuturkan semua unek2nya didalam halaman Facebook tersebut,yang intinya tentang ketidak setujuan Jane terhadap Ibunya.Untuk lebih lanjut silahkan klik DISINI...

Perjuangan Jane tidak sia-sia. Majelis Hakim melalui sidangnya pada tanggal 23 November 2010 MEMBEBASKAN Alterina Hofan dari tuntutan 5 tahun penjara. Karena meskipun 2 dakwaan pemalsuan identitas yang diajukan jaksa terpenuhi, namun bukan tindak pidana. Alasan majelis hakim memutuskan demikian adalah tentang Hak Asasi Manusia yang menegaskan bahwa hak asasi merupakan anugerah yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara. Dari aspek moral yuridis, hakim memahami bahwa Alter lebih nyaman menjadi laki-laki ketimbang perempuan.Karena itu Alter memutuskan untuk mengoreksi identitasnya di KTP dan akte kelahiran.

Happy Ending
Alter yang sudah kelewat senang tentunya sangat bersyukur.Kekuatan cinta mengalahkan segala yang mereka alami.Ia memeluk dan mengecup istrinya sambil berkata, “Ajaib, ini happy ending!”

Gallery






Banyak hal yang bisa kita petik dari kisah diatas.Gw sendiri pun sempat tercengang dengan perjuanagn Jane untuk membebaskan suaminya dari jerat hukum yang menurut nya tidak adil.Mungkin tak banyak yang bisa kita pelajari dari Alter yang merupakan transgender.Namun khusus untuk yang satu ini,kita belajar dari Jane.Tak melihat kekurangan dalam dirinya,Ia menggunakan segala kekurangan dalam dirinya untuk tetap "bertarung"!Jadi sepasang kekasih atau suami istri harus bisa saling melengkapi!

So Thanks for Reading,and Keep Living in the Moment with me JEFF HARDY!

(sumber:Vivanews.com;http://sosbud.kompasiana.com/2010/11/25/kemenangan-cinta-untuk-alter-dan-jane-320993.html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar