Senin, 01 September 2014

Perjalanan ke Pusat Buku Bekas Senen

Hi guys!Welcome back to X-E Blog!
Wow...ternyata makin tinggi semester,makin tinggi juga tugasnya.Gw jadi gk sempat untuk urusin blog ini...hadehhh disamping gak ada inspirasi buat nulis,yang namanya "MALAS" itu selalu menghantui.Alhasil gw jadi jarang menjamahi blog gw yang tercinta ini.....Okey sekalian untuk merayakan "1st Anniversarry of X-E Blog" alias ultah setahun blog bodoh ini,gw akan menceritakan pengalaman gw saat gw pergi ke sebuah tempat yang terbilang unik.Tempat apakah itu?


Bagi anda orang Jakarta dan sekitarnya,pasti sudah tak asing dengan daerah Senen,Jakarta Pusat.Di Senen terkenal sebagai salah satu daerah terpadat yang ada di Jakarta.Daerah Senen ini juga memiliki banyak tempat perdagangan dan terminal Senen yang setiap hari selalu sibuk.Tak terkecuali perdagangan buku buku bekas didaerah tersebut.

Alkisah,gw mendapatkan tugas dari dosen gw di kampus untuk membuat sebuah makalah.Tapi sialnya,Buku referensi tidak tersedia di perpustakaan kampus.Gw pun sudah mencoba cari di berbagai toko buku di beberapa tempat,tapi tidak berhasil.Mungkin karena buku yang gw cari sudah terbitan lama,dan sulit untuk dijangkau.Malam hari nya,seorang teman gw yang cantik (yang pasti cewek asli alias bukan transgender hehehehe) mengingatkan gw dengan sebuah daerah yang memang terkenal dengan buku bekas mereka yang lengkap yakni Senen!

Gw pun langsung menghubungi teman sekelompok gw,dan meskipun dia sedang bad mood (wahh ternyata cewek kalo galau lumayan parah juga ya) dia tetap mau untuk menemani gw ke daerah Senen demi mencari buku untuk referensi tugas.Besoknya,gw dan teman gw itu langsung meluncur dengan kecepatan tinggi ke Senen!


Yaaahhhh namanya juga gw....tiada tempat yang tidak kusasari.hahahahahaaha sekitar beberapa menit gw tersesat di sekitar Bioskop tua yang dulu pernah gw liput di artikel gw beberapa bulan silam.Teman gw mulai kelelahan meskipun dia gak bilang ke gw secara langsung.Tapi dari gerak gerik nya gw tahu dia capek karena kepanasan...maaf ya my friend,aku cuma punya motor ku yang butut itu karena gk mampu untuk punya mobil,supaya kamu gk kepanasan #bighug

Setelah bertanya kepada seorang pedagang kaki lima,gw akhirnya berhasil menemukan tempat yang dimaksud.Ternyata letaknya sama dengan lokasi terminal bus Senen.Cuaca memang mendukung untuk berkeliling,tapi udara yang begitu panas membuat kami berdua mulai kehilangan semangat.Tempatnya benar2 sempit dan semrawut tapi demi buku incaran,kami hilangkan rasa itu...bahasa gw jadi kayak gini hahaha

Gw dan teman gw itu,harus menelan pil pahit meskipun sudah capek2 mencari buku yaang kami cari.Pedagang yang kami datangi selalu mengatakan "tidak ada" untuk buku Logika Komunikasi karangan Wagiman keluaran tahun 2009 silam.Namun seorang pedagang yang terakhir kami datangi,menunjukan sebuah buku yang setidaknya mirip dengan buku yang kami cari (ada pada gambar diatas).ahhhhh seengga nya buku ini gak jelek lah,karena memang buku yang kami beli memang termasuk buku baru.Ternyata di Senen ini pedagang bukan hanya menjajakan buku bekas,namun juga buru baru sekalipun (mungkin gak laku kali ya hahahahahaa)....selesai tawar menawar,kami pun pamit pulang kepada pedagang asal Medan,Sumatra tersebut....makasih Bang!


Sekilas tentang pasar buku Senen,pasar ini merupakan terusan dari daerah Kwitang yang dahulu memang ramai dengan perdagangan buku bekas.Mereka juga banyak terdapat di lantai atas Pasar Senen yang beberapa waktu lalu diterpa peristiwa kebakaran yang merugikan semua pedagang di tempat itu.Buku yang dijual disana merupakan buku yang dijual murah kepada pedagang untuk selanjutnya dijual kembali.

Menurut hasil wawancara kecil kepada seorang pedagang,tempat ini ramai dijamahi orang2 yang kebanyakan dari kalangan menengah kebawah menjelang tahun ajaran baru sekolah.Buku buku yang terjual disana mulai dari buku untuk anak TK-SMA/Sederajat.Uniknya,tak semua buku yang dijajakan merupakan buku bekas.Buku keluaran baru pun seringkali dijumpai.Uniknya lagi,pedagang yang terdapat di terminal bus Senen kebanyakan berasal dari daerah Medan,Sumatra Utara.....horassss!

Okey guys,,itu dia tadi pengalaman gw saat bertandang ke Pasar buku bekas Senen Jakarta Pusat....oh iya,Buku itu gak perlu yang mahal,karena jelek cover nya,bagus ilmunya!

So thanks for reading and Keep Living in the Moment with Me Jeff Hardy!

1 komentar:

  1. Iya benar mas, ini benar senen...hehehe. Pusat buku bekas di Jakarta, saya juga jual buku bekas. Tapi sekarang senen udah makin sepi, banyak penggusuran.

    BalasHapus