Jumat, 10 April 2015

Tram Anh....Miris,Manis dan Tragis (Transgender 24)

Hi guys,welcome back to the most controversial blog in history,X-E Blog!

Sebetulnya,gw ud agak nyerah dgn bahasan kita soal trans.Maklum,gw dah gk ada kandidat yang bagus untuk ditulis.Kebanyakan dari mereka gk punya detil sejarah yang kuat (kayak apa aja hehehe).Namun akhirnya yang satu ini memecah kebuntuan.

Ia berasal dari Vietnam,yang masih bertetangga dengan Indonesia.Kisah hidupnya bagaikan roda yang berputar dari malang,kemudian naik jadi senang,tapi pada akhirnya jatuh kembali.Gw pun akan membahas tentang kisahnya pada artikel ini.

Jadi agar gk nunggu lama2 lagi,ini dia Tram Anh!!!

Biodata Singkat
Nama Asli:Nguyen Van Hieu
Nama Sekarang:Tram Anh
Tempat/Tgl.Lahir:Vietnam,28 Juni 1993
Tinggi Badan:172 cm (5 ft 8)
Berat Badan:?
Ukuran Bra:?
Occupation:Avid Modelling

Tram Anh adalah seorang wanita transgender yang lahir di Vietnam sebagai lelaki bernama Nguyen Van Hieu pada tanggal 28 Juni 1993.Perlu diketahui bahwa di Vietnam ada banyak orang yang memiliki nama yang sama dengan nama lahir dirinya (Nguyen Van Hieu lainnya ada yang merupakan tokoh politik di Vietnam).

Terus terang aja,hanya beberapa sumber di Google yang mendefinisi kisah hidup Tram Anh menjelang Ia menjadi wanita trans.Namun akhirnya setelah gw search dibeberapa tempat dan menggabungkannya menjadi satu kesatuan (walah dah kayak Indonesia aja...satu kesatuan pulau).

Orang tua nya terutama sang ibu,tidak menerima tingkah laku anaknya yang sangat gemulai.Tram sangat senang dengan kebiasaan bermain dengan anak perempuan dan berpakaian ala wanita.Ia juga berasal dari keluarga kurang mampu,sehingga ayahnya yang terlibat banyak hutang disana sini terpaksa menjual rumahnya.Tram pun juga terpaksa dirawat oleh kakek dan nenek nya di kawasan Ha Dong (sebuah distrik di Vietnam).

Hidup yang Miris
(2012;Tram saat mengikuti audisi "Vietnam Idol")

Apapun yang Ia alami,GID tetaplah melanda Tram.Ia memanjangkan rambutnya dan bekerja diberbagai ajang transgender di Vietnam.Ia akhirnya menetap bekerja di sebuah club transgender sebagai model.Ini semua dilakukannya demi mendapat uang untuk hidup dan operasi tentunya.Tram berprofesi sebagai model fashion show,pelayan bar,dan menemani para tamu untuk berdisko di klub malam tersebut.Dari sini,menurut pengakuannya,Tram mendapat cukup uang.

Dari uang inilah Ia mulai menjalani terapi hormon sebagai langkah awalnya untuk menjadi seorang wanita yang merupakan mimpinya sejak lama.

Pada masa ini,Ia mendapatkan banyak perlakuan tak menyenangkan dri orang sekitarnya.Banyak yang menghinanya karena wajahnya yang memang menurut gw pun tidak ada sisi feminim samasekali.

Pada tahun 2012,diusianya yang masih 19 tahun,Tram mengikuti audisi pencarian bakat yakni "Vietnam Idol" (satu franchise dengan Indonesian Idol yang ada di Indonesia).Pada saat yang sama,Tram mengikuti ajang "Vietnam Next Model".Dikedua audisi tersebut,Ia mendapat perhatian dari para penonton dan juri,karena latar belakangnya sebagai transgender.

Namun kedua audisi tersebut tak seperti yang diharapkan Tram.Ia gagal lolos di audisi Vietnam Idol dan juga dikabarkan mengalami Drop Out dari kompetisi Vietnam Next Model karena pihak penyelenggara memiliki aturan bahwa kompetisi tersebut hanya diikuti oleh "wanita" sedangkan Tram Anh bukanlah "wanita" yang masuk kriteria mereka.Ia ketahuan sebagai pria karena tipe suara yang "nge-bass" dan bentuk wajahnya yang angular atau tajam terutama dibagian pipi dan dagu.Hal ini memang tampak tilas bahwa dirinya adalah pria.Sabar yahhh karena dari sinilah sesuatu yang kamu inginkan datang!

Sabar Berbuah Manis
(Kiri:waktu Tram audisi Vietnam Next Model;Kanan:Selfie yang diambil setelah operasi...courtesy of ngoisao.vn)

Sewaktu Tram mengikuti audisi Vietnam Idol,Ia mendapatkan perhtian dari seorang pimpinan sebuah rumah sakit khusus operasi transgender di Thailand.Orang tersebut mengundang dirinya untuk menjalani operasi di tempatnya.Dan hasilnya?MEMUASKAN!!!

Operasi yang didonasi oleh pemilik RS tersebut telah membantu Tram.Ia tak harus merogoh kocek hingga jutaan Baht untuk mewujudkan mimpinya.Meskipun ada sedikit kekecewaan dari orang tua Tram yang masih belum menerima keadaan anak mereka terutama sang Ibu.

Operasi merubah beberapa bagian tubuhnya terutama wajah.Pinggulnya diubah menjadi bentuk "Gitar Spanyol",volume wajah yang angular pun diubah menjadi lebih halus sehingga terlihat parasnya yang cantik.

Tram yang dahulu sering dihina karena wajahnya yang terlalu kelelakian,kini Ia memiliki wajah imut,berisi alias chubby yang menggemaskan.Ia pun mengganti namanya dari Nguyen Van Hieu menjadi Tram Anh yang menurut orng Vietnam merupakan nama wanita yang feminim.

Berita tentang perubahan dirinya menjadi trend yang mengguncangkan rakyat Vietnam saat itu.Banyak yang terkaget bahkan terkagum dengan kecantikan yang Tram Anh miliki terutama bila dibandingkan dengan wajahnya sebelum menjalani operasi transgender.Citizen di Vietnam menjuluki Tram sebagai "Hot Girl" dan gambar2 dirinya dipajang diberbagai situs internet di Vietnam seperti untuk online shop,modelling sample dll.

Ketika Cinta Bersemi dengan Pujaan Hati
(Mungkin Tram bilang..."Kamulah satu2nya")

Gak banyak yang bisa gw temukan tentang siapa lelaki yang berhasil menambakan hati dan perasaannya kepada Tram.Yang pasti,disemua foto mesra keduanya,mereka tampak benar2 saling sayang satu sama lain.

Hingga saat artikel ini ditulis,belum ada sumber yang akurat yang menyatakan apakah si lelaki tahu bahwa kekasihnya adalah mantan pria.

Manis Berakhir Tragis
(Say No to Drugs,or this place gonna be your room...JAIL)

(Tram Anh pada saat diinterogasi pihak Kepolisian terkait kepemilikan narkoba)

Hmmmm....inilah hidup guys,gak ada yang selalu manis.Pada akhir tahun 2014 kemarin,Tram Anh ditangkap oleh pihak kepolisian Vietnam karena tertangkap basah membawa 10 tablet Amphetamine seberat 2.6 Gram yang disimpan dalam sebuah kantong plastik.Seperti hal nya pada saat mengikuti audisi pencarian bakat yang Ia ikuti,Hal ini membuat citizen terkejut lebih hebat.

Dipenjara Hanoi,menurut letnan jenderal Ta Xuan Binh,Tram ditempatkan di sel yang terpisah dengan sel wanita dn pria.Karena menurut informasi yang gw dapatkan,di Vietnam memiliki aturan bahwa Tidak boleh para transgender di tempatkan di sel pria maupun wanita.Bahkan,mereka yang memiliki hubungan homoseksual saat berada dipenjara,akan diberi hukuman tambahan....

(Ibu dari Tram Anh)

Pihak keluarga mengaku sudah jatuh tertimpa tangga.Seperti yang sudah gw jelaskan diatas,kedua orang tua Tram tidak menyetujui langkah anaknya yang memutuskan menjadi wanita.Ibu nya sudah berusaha membujuk sedangkan sang ayah lebih mengambil tindakan koersif dengan merusak semua pakaian wanita kepunyaan Tram.

Anak mereka yang memutuskan menjadi lelaki itu,kini mendekam dipenjara akibat narkoba.Ibu Tram mengaku Ia merasa malu dan kecewa dengan anaknya itu...hadehhh sabar ya bu....Ia pun kini hanya hanya tinggal dirumahnya yang sederhana.

Dari Tram sendiri,Ia dikabarkan menggunakan obat terlarang itu karena ingin menghilangkan rasa sakit yang ditanggungnya selama suntik hormon.Ternyata terapi hormon tetap ia jalani meskipun telah menjalani operasi.Menurutnya,Ia ingin menjaga bentuk tubuh dan wajahnya dengan hormon,namun karena mungkin karena adanya efek samping berupa rasa sakit tersebut,Ia mencoba menghilangkannya dengan cara yang salah...kini Tram berharap adanya jalan keluar bagi dirinya.

Gallery
















Oke deh guys,itu dia tadi sekilas tentang Tram Anh dengan kehidupannya yang manis berakhir tragis dibalik jeruji besi.Dari kisahnya diatas,satu hal yang gw tekankan...SAY NO TO DRUGS!

So thanks for reading and Keep Living in the Moment with Me JEFF HARDY!!!

Sumber:
http://vietnamnet.vn/vn/xa-hoi/200134/su-that-it-biet-ve--hotgirl--tram-anh-truoc-khi-chuyen-gioi.html
http://www.bubblews.com/news/8294671-quothot-girl-transsexualquot-tram-anh-arrested-for-selling-drugs
http://news.dbv.vn/department-tram-anh-arrested-for-selling-drugs-hidden-corners-of-transgender-people-sad-535365.html
http://www.talkvietnam.com/2014/10/hanoi-jail-holds-transgender-prisoner-in-solitary-confinement/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar