Kamis, 23 Juli 2015

Masa Orientasi Siswa (MOS)

Welcome back to X-E Blog!
Tidak terasa libur panjang anak2 sekolah akan berahir.Setelah libur semester ditambahkan dengan libur lebaran,para siswa akan kebali masuk sekolah.Berbeda dengan siswa yang sekadar naik kelas,siswa-siswi yang masuk ke jenjang yang lebih tinggi (contoh:SMP ke SMA) akan mengikuti serangkaian kegiatan yang biasa disebut sebagai "MOS".

Bagi sebagian orang Indonesia,pastinya tak asng mendengar istilah MOS yang merupakan singkatan dari "Masa Orientasi Siswa".MOS adalah sebuah kegiatan yang diselenggarakan pihak sekolah kepada siswa/i baru yang masuk diawal tahun ajaran dengan tujuan untuk memperkenalkan lingkungan sekolah beserta dengan program belajar yang dicanangkan disekolah tersebut.

MOS sendiri memiliki beberapa variasi sebutan seperti "POS" (Pekan Orintasi Siswa),"OSB" (Orientasi Siswa Baru),dan bahkan akrab dengan sebutan Perpeloncoan.

Orientasi juga dilakukan oleh mahasiswa baru yang akan masuk Universitas.Biasanya dikenal dengan sebutan "POM" (Pekan Orientasi Mahasiswa) dan OSPEK (Orientasi Mahasiswa & Perkenalan Kampus)

Berikut beberapa unsur utama yang dirangkum oleh X-E Blog!Selamat Membaca!

1.Serba-Serbi Orientasi Siswa
Seperti yang sudah dijelaskan diatas,MOS bertujuan untuk memperkenalkan kepada siswa baru lingkungan sekolah serta program didalamnya.Bentuk acara yang akan diikuti oleh siswa adalah sejenis seminar dari para petinggi sekolah seperti Kepala sekolah atau wakilnya,guru2 dan bisa juga pembicara dari luar sekolah.

Selain sekadar mendengarkan seminar,biasanya para siswa juga akan mengikuti banyak kegiatan dilapangan seperti baris berbaris dan menyanyikan lagu hymne sekolah yang dipilih.MOS biasanya dibuka dengan Upacara bendera (juga dilakukan pada saat penutupan) dan peserta dididik oleh para kakak kelas/senior mereka serta diawasi oleh para guru disekolah tersebut.

Untuk durasi,umumnya sekolah akan menyelenggarakan selama 2-3 hari hingga satu minggu.Belakangan diketahui bahwa ada beberapa sekolah yang hanya menyelenggerakannya satu hari penuh.

2.Bawaan dan Pakaian

Untuk masalah pakaian,memang tak jarang membuat kontroversi bagi para junior.Mereka diharuskan mengenakan atribut yang terkesan "tidak nyambung" dengan acara perkenalan seperti:

1.kalung/gelang dari bawang atau petai
2.topi berbentuk kerucut dari kertas koran atau karton manila
3.topi dari belahan bola plastik
4.kaus kaki berbeda ukuran dengan warna yang juga berbeda
5.Name Tag berukuran besar berbagai bentuk
6.Untuk anak perempuan diharuskan menguncir rambut (biasanya disesuaikan tanggal lahir jumlahnya)
7.Tas kari karung goni atau karung beras
8.Wajah yang dicoret (sudah jarang dilakukan)
9.Makanan yang diberi nama aneh-aneh (contoh:belatung/nasi putih)

Dengan penampilan yang diharuskan oleh panitia MOS sekolah,tak jarang para siswa cenderung takut atau segan untuk mengikuti MOS.Namun hal ini umumnya hanya sebatas untuk tes mental para siswa baru dan juga untuk hiburan semata.Dibeberapa sekolah terutama swasta,praktek ini sudah mulai dihilangkan dengan mengganti aturan para siswa baru hanya diharuskan untuk mengenakan seragam dari sekolah asal sebelumnya.

Hal yang paling sering juga ditemukan adalah makanan yang harus dibawa saat mengikuti MOS.Makanan-makanan ini biasanya sudah diberi nama yang aneh oleh panitia MOS.Namanya pun unik dan beragam seperti belatung (nasi putih),cat putih (susu putih kental manis),batu bata (biskuit waffer),pagar bambu (kentang goreng),daging ayam olahan (chicken nuggets) dll.

3.Pelatihan Kerjasama dan Kekompakan
Selain perkenalan,siswa baru juga dilatih alam pembetukan karakter dan kerjasama antar anggota kelompoknya.Siswa yang dibagi menjadi beberapa kelompok,biasanya akan diikutsertakan dalam berbagai permainan yang membutuhkan kerjasama tim.

Kesempatan yang juga guna untuk ajang "icebreaking" atau pencairan suasana,siswa juga diajak untuk saling mengenal dekat satu sama lain.Karena tak jarang para siswa baru ini berasal dari sekolah yang berbeda.Untuk lebih jauh lagi,sekolah bisa melaksanakan kegiatan MOS di luar sekolah (biasanya disebut Malam Keakraban atau makrab).

4.Peresmian Siswa Baru
Inilah yang ditunggu oleh kebanyakan siswa baru yakni acara Penutupan.Acara penutupan biasanya ditandai dengan upacara bendera dengan pelepasan atribut MOS yang tadi dikenakan diatas dan selanjutnya diberikan seragam baru sekolah sebagai tanda bahwa calon siswa telah menjadi siswa!

Kontroversi
Beberapa tahun belakangan sering beredar kasus adanya kekerasan dari senior terhadap juniornya saat mengikuti MOS.Meskipun prakteknya telah diawasi oleh depertemen dan instansi terkait,masih banyak ditemukan hal-hal yang berujung pada indirect Bullying (Bullying Tidak Langsung).

Sekalipun tidak mendapatkan perlakuan kasar secara fisik,siswa baru seringkali mendapatkan tekanan psikologis dari para seniornya terutama saat mengikuti acara yang dilakukan diluar ruangan.Mereka diteriaki degan kata-kata kasar yang membuat junior merasa tertekan (meskipun memiliki tujuan untuk melatih mental).

Menurut beberapa sumber yang pernah saya ambil,MOS juga tak jarang menjadi ajang balas dendam.Yang dimaksud adalah para senior juga pasti pernah mengalami hal yang sama seperti yang dialami junior beberapa tahun sebelumnya.Namun,hal ini tak dapat dibenarkan.

Tips Saat Mengikuti Orientasi Siswa
Berikut adalah beberapa tips dari X-E Blog mengenai keikutsertaan dalam MOS:
1.Berani malu dan percaya diri (PD)
2.Datang lebih pagi
3.Jangan malu untuk bertanya bila permainan dirasa sulit atau membingungkan
4.Usahakan untuk lebih tenang dan tidak merasa takut
5.Melaporkan kakak senior bila mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan kepada guru pengawas


Okey guys itu dia tadi artikel tentang Masa Orientasi Siswa!
Untuk adik-adik SMP & SMA,jangan takut ya untuk MOS.Niscaya tidak akan terjadi apa-apa jika kalian tekun dan disiplin.Jika pun mungkin,tak mustahil bila kamu bisa menjadi dekat dan menggaet kakak senior sebagai pasanganmu wkwkwkwk jadi ngelantur

So don`t be afraid,keep healthy,eat much drink much,say your prayer and Keep Living in the Moment with Me JEFF HARDY!!!!  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar