Minggu, 01 Juni 2014

Jenis-jenis Motor di Indonesia

Hi guys,balik lagi di Blog bodoh ini!hah.....X-E sebenarnya malas untuk menulis,bahkan bangkit dari tempat tidur pun rasanya berat banget.Perasaan galau yang masih menghantui gw beberapa hari terakhir ini....memang gw gak menyalahkan orang jika mereka bilang gw agak berubah belakangan ini.Laki-laki juga manusia....bukan baja yang terus bisa dipukuli hingga penyok.Hufftttt......cewek cewek,bs gk sih ngertiin lelaki sekali aja

Okey pada minggu siang ini,gw hampir melupakan ada satu artikel yang "nyangkut" di draft gw.Saat gw buka wahhh ternyata artikel yang satu terlewatkan.Jauh sebelum gw berencana untuk memulai rangkaian "The Months of Transgender",gw sebenarnya sudah merencanakan untuk menulis berbagai jenis motor yang merajalela di tanah air tercinta.Namun sayangnya,karena terlalu asyik dengan para banci cantik dan kegalauan yang mendalam..........back to the main topic!Mereka adalah motor berjenis Sport,bebek dan matic.Jenis motor yang beredar dipasaran biasanya dibedakan dari jenis transmisi mereka.

1.Motor Sport & Touring
Pertama tentunya motor yang diidamkan para lelaki yakni tipe sport.Motor tipe ini mudah ditemukan di ibukota.Lihat saja,jika motor ini lewat disebuah jalan,pasti akan langsung menjadi pusat perhatian.Dengan tangki bahan bakar didepan,kesan macho didalamnya,sangat membuat lelaki tertarik untuk memilikinya.Sayangnya,karena harganya yang memang melambung,dan bobot tubuh yang besar,motor sport ini kurang diminati di kota yang biang macet seperti Jakarta.

Sport dan touring memiliki transmisi manual (N-1-N-2-3-4),dan jika ditengah kemacetan akan menimbulkan rasa pegal yang amat sangat pada jari-jari kita.Lain hal lagi karena bobot nya yang bongsor,motor sport ini hanya bisa dikendarain oleh mereka yang memiliki postur tubuh atletis,dengan tinggi berkisar 180cm keatas (jadi yang kurang tinggi atau terlalu kurus lebih baik berpikir dua kali untuk membeli motor ini).Tapi tentu saja,dengan komposisi mesin yang rata rata 200cc keatas,motor ini cocok untuk mereka yang menggemari test track di sirkuit atau mejeng di jalan ibukota.Sekitar 30% orang menggunakan motor ini sebagai tunggangannya.

2.Motor Bebek
Kedua adalah motor  yang paling familiar dimata masyarakat yakni bebek!Sebelumnya gw sudah pernah menulis artikel ekslusif tentang si bebek (artikel ini paling diminati di blog gw).Motor bebek memulai karirnyasudah sejak zaman kakek dan nenek kita.Dibeberapa negara seperti Eropa,motor ini di kelaskan sebagai scooter,karena cc mesin yang kecil (sekitar 50cc).Tapi berhubung di Indonesia permintaan motor ini banyak,jadi produsen memproduksi motor bebek dengan komposisi mesin yang jauh lebih besar dibandingkan di Eropa (110cc ke atas).Saat ini banyak sekali fitur bebek yang bahkan melampaui fitur motor sport seperti pelindung kunci kontak otomatis,lampu utama otomatis,bagasi yang besar dll.Untuk fisiknya,bebek memiliki struktur rangka bawah (underbone) dan tangki yang berada dibawah jok nya.

Bebek memiliki transmisi semi otomatis (N-1-2-3-4-N) karena memang tidak sepenuhnya otomatis hehehehe ya iyalah.Hal ini dikarenakan hanya koplingnya saja yang otomatis,sedangkan penempatan gigi transmisi masih harus diatur sendiri oleh rider nya.Tapi saat ini beberapa produsen motor telah membuat motor bebek dengan transmisi manual juga.Di Indonesia 70% orang menggunakan motor jenis ini.

3.Motor Matic
Dan ketiga adalah jenis motor yang mulai populer era 2003-an ini yakni matic.Dari namanya sudah pasti transmisinya otomatis,yakni hanya mengandung unsur "Gas & Rem".Matic awalnya memang ditujukan untuk para ibu yang umumnya "tidak mau ribet" dengan mengatur gigi transmisi pada sepeda motor.Namun seiring berjalan waktu,para lelaki pun tak sedikit yang tertarik memilikinya (ohhh sayang sekali tidak termasuk gw yeee).Matic sangat mudah dibedakan dari bentuknya yang memiliki tempat kaki mirip seperti vespa jadul.Tujuannya agar membuat kaki kita nyaman,dan lagi bisa menaruh barang belanjaan pasar untuk para emak2.Matic ini sering diplesetkan orang2 sekitar gw sebagai "Lipstick" karena pemakainya yang identik dengan para pemakai lipstick ini.

Matic yang awalnya memiliki koposisi mesin yang rendah,saat ini tak jarang ditemukan matic dengan cc yang tinggi.

4.Motor Bebek Matic
Varian yang terbilang unik.Bagi para lelaki yang merasa tidak gentle saat menaiki si "lipstick" tapi tidak ingin repot untuk mengoper oper gigi transmisi saat berkendara,Honda dan Yamaha telah membuat terobosan untuk anda.Dengan menggabungkan unsur fisik luar yang bebek banget,serta efisiensi kenyamanan berkendara yang tinggi dari matic,lahir lah varian "Betik".

Sekilas,memang motor ini mirip dengan bebek biasa,tapi ternyata setelah di tegaskan,ternyata motor ini tidak perlu pergantian transmisi seperti si lipstick tadi.Konon,konsumsi bahan bakar si betik ternyata berada diurutan ke dua setelah matic sebagai motor boros.

5.Motor Sport Matic
Dan yang terakhir adalah hasil interacial marriage atau kawin campur dari si macho Motor Sport dan si "Lipstick".Sayang sekali...motor jenis ini kurang dilirik baik cowok,cewek maupun transgender (Just Kidding heheheh).Bentuk body yang memang identik dengan sport namun transmisi nya yang otomatis.

Closing
Apapun motor lu.....ya pilihan masing2 deh hehehehehee belilah motor yang sesuai dengan kebutuhan anda sekalian.Kalau mau keren,ya motor sport not bad for you man!Tapi liat kantong yakkk.....untuk yang ingin biasa pakai harian untuk sekolah,kuliah,dan kerja dengan jarak sedang,bebek kwek kwek kwek siap!!Nahhh untuk para ibu2 atau para lelaki yang gak mau ribet....hehehehe pakailah lipstick biar cantik huhuhuhuhuhuhu thanks for reading and Keep Living in the Moment with me Jeff Hardy!
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar