Sebelumnya gw sori abis guys,gw sibuk abis gara2 UTS di kampus = =
Malam ini sebenernya gw gk ad inspirasi utk nulis,tp setelah menikmati hujan yg sejuk,nampaknya angin segar masuk ke otak gw yg ud ngebul gr2 UTS.Yeps! dari judulnya aj kyknya ud jelas deh,gw akan sedikit bahas tentang kendaraan yg mungkin aj umurnya sama kyk bokap nyokap kita skrg,yakni Bajaj!
Untuk warga ibukota Jakarta,siapa sih ygg gk tw bajaj??dr namanya aj dah unik banget kan??tulisannnya "Bajaj" tapi dibacanya "bajai".....gk ad yg tau mengapa,bahkan mungkin produsen nya aj lupa cara prononsasinya gimana wkwwkwkwkkwk Bajaj juga terdapat di beberapa kota di Indonesia seperti Banjarmasin dan........HORAS!!!!Medan,Sumatera Utara!!!hehehehehe
Bajaj pertama kali memulai karir panjangnya pada era 70an.Bajaj tentunya digunakan untuk transportasi umum yang rutenya kini ud gk byk lg.Tak seperti angkutan kota atau angkot,bajaj tidak memiliki tarif khusus.Jika pada angkot kita mengenal tarif jauh dan dekat,pada bajaj tarif ditentuin lwt tawar menawar.
Bajaj memiliki kapasitas yang super dikit yakni hanya 2 orng atau 3 kl maksa itupun juga kalo ank kecil ya,bahkan bisa 4 kl yang 1 lagi duduk disebelah abangnya (untung2 kalo yg duduk di samping abangnya cewek cantik.....kalah gw ama abang bajaj wkwkwkwwkwkk).Bajaj berbahan bakar premium yang dicmpur dengan oli khusus mesin bajaj.Jika diperhatikan,mengapa kemudi bajaj mirip dengan vespa?Menurut informasi yg gw dapet,dulu,Bajaj Auto mendapat izin dari pihak vespa untuk membuat kendaraan dengan konsep vespa didalamnya.Nah jadilah si Bajaj yg kita kenal sekarang!
Usia bajaj diperkirakan hampir bahkan sudah 40 tahun.Bayangkan saja,40 thn msh bisa ngebut loh!Bajaj memiliki kecepatan yang relatif rendah yakni 50km/jam atau maksimum 70km/jam.
(Harus rajin di servis)
Karena usianya yang sudah tua,perlahan tapi pasti,Bajaj mulai dikurangi jumlahnya.Mulai dari era tahun 1980an,produksi autoricksaw di India disudahi oleh pihak Bajaj auto.Namun namanya orang Indonesia,pasti ad aj akalnya!Sejak produksi nya dihentikan,banyak sekali bengkel2 di Indonesia yang bisa membuat onderdil atau suku cadang tiruan yang gk kalah bagus ama yg orisinil pabrikan.mantaf emg negara kita ini.Jadi bagaimana bisa dihentikan keberadaannya kalo msh bisa jalan?wkwkwkwkwk
Bajaj awalnya digunakan untuk menemani bemo dalam modernisasi kendaraan umum dan juga untuk menggantikan becak.Namun pada kenyataannya,Bemo dan bajaj malah menjadi biang polusi yang tinggi di ibukota.Maklum aj deh guys,mesin Bemo dan bajaj masih mengusung mesin tipe 2 langkah...Jdi sampeyan bayangin aj kalo lagi macet terlebih cuaca panas,rasanya kyk ap kl berhenti dibelakang bajaj.....pulang2 okname di RS...Amit2 = ="
(Bajaj Biru isi pertamax??!!!)
Adik bajaj ini,berwarna biru cerah yang segar dipandang mata!Soal akselerasi....not bad lah,untuk nyelip2 menembus kemacetan msh cukup bs diandalkan.Soal tarif,bajaj biru hanya beda2 tipis ama sang kakak tua alias bajaj oranye,yakni berantem dulu upssss.... mksd gw tawar menawar dulu ama abangnya.hehehehehehee
(Bajaj BBG V2)
Lihat gambar diatas???yes!itu adalah variann baru bajaj BBG yang dikeluarkan pada tgl 15 juli 2013.Bajaj BBG tipe baru ini dinamakan sebagai "Bajaj Wanhu" yg merupakan hasil pengadaan dari Koperasi Bajaj Sehat (KBS...bukan KBS yg di Korea y).Hingga hari ini,bajaj Wanhu baru berjumlah sekitar 30 unit dari 1300 unit yg sudah direncanakan.
Nah itu dia guys yg bs gw sampein mengenai bajaj,menarik kan sejarahnya???
Thanks for reading,Say no to drugs,and Keep Extreme with Jeff Hardy!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar