Sabtu, 09 November 2013

Pom Bensin di Indonesia


Hello Guys,last week i write about the three wheeler called Bajaj.Tonight I`m also gonna write about otomotive but this time I write about something that become their main part,and that`s it the fuel.Majority in vast area,we can find it in Fuel station or "Pom Bensin".

Di Indo,kita smw tau ad 4 jenis pom bensin yg umum kita jumpai yakni pom bensin lokal dan mancanegara.Merk lokal yakni Pertamina dan kompetitornya 3 pom bensin luar yakni Shell,Petronas,dan Total

Have you try to fill ur tank with other else than Pertamina???So far,gw baru Pertamina dan Shell.Intinya mereka ber-4 emg sama fungsinya,yakni "Mengenyangkan" kendaraan kita yg lapar karena butuh bahan bakar.Bagi para pengendara kendaraan bermotor,membeli bahan bakar atau bensin adalah suatu hal yang wajib.Jika tidak??dorong lah tuh motor atau mobil hahahahaha

Nah seperti yang kita ketahui,di pom bensin ada beberapa tipe bahan bakar yang di jajakan.Mereka dibedakan dengan nilai oktan masing2 kecuali tipe diesel.Nah Nilai oktan ini berpengaruh pada performa kendaraan anda.Namun anda juga harus perhatiin yg namanya kapasitas mesin.Jadi gk salah dalam memilih bahan bakar untuk tunggangan harian anda.

Okey guys,biar gk kelamaan baca,langsung aj cekidot ke jenis2 pom bensin yg ad di negara kita tercinta Indonesia!

1.Pertamina
 Disini siapa gk tau "Pertamina"???Gw rasa gk ad yg gk kenal pom bensin lokal ini.Pertamina adalah produsen minyak terbesar di Indonesia dan dirikan pada 10 desember 1957.Pertamina juga memproduksi Gas alam,minyak bumi dan panas bumi.


Pertamina memiliki setidaknya memiliki 6 jenis bahan bakar yg dijajakan.Mereka adalah Premium,Pertamax,Pertamax Plus,Pertamax Racing,Solar, serta Pertamina Dex.Berikut penjelasan singkatnya (Gw gk gitu tau bebrapa,jd sori guys kalo salah):

#Premium
Premium,meski pada resminya tidak menjadi senjata utama Pertamina,namun nyatanya dilapangan,jenis bahan bakar yg satu ini paling digemari sebagian besar masyarakat.Entah mengapa,mungkin karena harganya yg relatif murah dibandingkan dengan jenis lainnya yakni Rp.6500/Liter.Harganya yg murah dikarenakan premium mendapat subsidi dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara atau APBN.Sebelumnya premium harganya lebih murah,namun karena defisit pemerintah yg tinggi,subsidi BBM dikurangi.

Premium memiliki oktan paling rendah yakni hanya 88 dan ditujukan hanya untuk mesin ber-kompresi rendah.Bahan bakar ini juga terkenal sebagai penyebab utama mesin "Ngelitik" atau Knocking.Ngelitik disebabkan oleh ketidak stabilan proses pembakaran didalam ruang mesin karena oktan rendah lebih mudah terbakar.Akibatnya banyak sekali bensin yg terbakar sebelum mesin membakarnya.Hal ini menimbulkan tumpukan kotoran didalam ruang mesin dan penurunan performa kendaraan anda dalam jangka panjang.Jika di umpamakan,Knocking ibarat tangan kita yg sedang berkerja sambil ditusuk dengan paku.

Soal fisik Premium memiliki warna kuning terang,sama seperti pada selang dispenser pompa bensinnya di setiap outlet pertamina.

Jadi bagi guys yg menggunakan bahan bakar jenis ini,menurut gw sih gk masalah asalkan rutin service setiap beberapa bulan sekali untuk membersihkan kerak pada ruang mesin.

#Pertamax
Pertamax adalah bahan bakar andalan Pertamina!Bahan bakar ini memang tak jauh beda dengan Premium,namun lebih banyak memiliki kelebihan.Pertamax cukup diminati masyarakat luas.Namun karena tidak mendapat subsidi,Pertamax memiliki harga yang lebih tinggi dibanding Premium.Bahan bakar ini diperkenalkan pada tahun 1998 menggantikan Premix yg memiliki gas buang yg berbahaya bagi tumbuhan sekalipun.

Pertamax memiliki nilai oktan 92 dan bebas timbal.Pertamax juga tidak menyebabkan Ngelitik yg terjadi pd penggunaan Premium.Pertamax merupaka bahan bakar wajib bagi setiap kendaraan dinas pemerintahan seluruh Indonesia.Bahan bakar ini juga merupakan jenis minimal untuk setiap kendaraan berkompresi tinggi.Pertamax ditujukan untuk kendaraan perakitan tahun 1990 ke atas.Namun pada kenyataannya,pertamax masih meninggalkan sedikit kerak pada mesin,meskipun tak separah pd premium

Soal fisik,Pertamax memiliki warna biru yang terang mirip seperti minuman "Pepsi Blue" namun lebih terang

#Pertamax Plus 
Pertamax Plus adalah bahan bakar beroktan tinggi yakni 95 dan sudah di akui oleh International World Wide Fuel Charter (IWWFC).Bahan bakar ini adalah jenis rekomendasi pabrik mobil yang dibuat tahun 2000 ke atas.

Tidak seperti pada Premium,Pertamax plus mengikuti "irama" piston didalam ruang mesin.Pertamax plus juga memiliki zat adiktif pembersih untuk menghilangkan kotoran sisa pembakaran pada ruang mesin.Pertamax Plus juga memiliki zat pelarut air akibat bensin oplosan atau palsu yang dapat mengkaratkan tangki bahan bakar kita.Dari masalah harga.....uhmm Well,absolutely there`s no room for cheaper who wants to get something big.

Soal fisik,Pertamax Plus memiliki warna Merah yang Jantan!

(Isi Pertamax dong ommm)
#Solar
Solar adalah bahan bakar kedua setelah premium yg mendapat subsidi APBN pemerintah.Solar ditujukan untuk mesin diesel yang berkapasitas besar.Seperti yang kita tahu,Solar menghasilkan gas buang berpolusi tinggi.Tidak ada nilai oktan pada Solar karena ia tak termasuk kategori Bensin.

Untuk harga,Solar biasanya berbeda rp.1000,- dari premium.Dan per 2013,harganya Rp 5500,-/liter

Soal fisik,solar mirip seperti minyak tanah namun sedikit lebih kental dan berbau lebih tajam.

#Pertamina Dex
Bagi yang belum tahu soal bahan bakar ini,gw sih wajar2 aj,soalnya emg msh jarang ditemuin dibeberapa provinsi di Indonesia.Dex adalah versi non subsisdi dari Solar yang juga ditujukan untuk mesin diesel.Harganya yang relatif tinggi,membuat Dex kurang diminati oleh para supir truk atau pengendara mobil diesel. 

#Pertamax Racing
 
Diluncurkannya produk khusus motorsport, berkaitan dengan ulang tahun Pertamina, Desember 2010. Tak hanya itu, Pertamax Racing diharapkan dapat membantu para pebalap memperoleh bahan bakar tepat danbisa diandalkan.

Nah bahan bakar ini hanya khusus bagi mereka yg memiliki motor kapasitas besar (200cc++) seperti Ninja 250 dan mobil mewah seperti BMW dan Mercedes.Pertamax racing memiliki nilai oktan yang luar biasa yakni 100.Bahan bakar ini dapat mempercepat laju mesin.Soal harga tentu saja,untuk satu liter pertamax racing harus ditebus dengan Rp 35.000

Sepp deh guys itulah tadi data singkat Pertamina dan sekarang kita melaju ke Shell!!!!!!!!

2.Shell
 
Shell adalah pembuka pom bensin di Indonesia yang asli berasal dari Den Haag,Belanda.Hingga menjelang akhir tahun 2005,Pertamina berkuasa penuh dengan terbang bebas atas semua pangsa BBM di Indonesia.Tetapi pada Oktober 2005,Shell datang berlabuh di Indonesia dan mendirikan pom bensin pertamanya di daerah Lipo Karawaci.Dan sejak inilah,pertamina memiliki persaingan guys!Dah pernah coba bahan bakar Shell???gw uda guys!hehehehehe dan ampe hari ini gw msh pake!

Menurut gw pom bensin Shell mengutamakan 3S yakni Senyum,Sapa,Salam.Karena gw dah buktiin,karyawan Shell lebih ramah dan nampaknya berpendidikan atau minimal mendapat pelatihan berbahasa baik.Mungkin karena shell sepi membuat konsentrasi karyawan lebih tinggi.

Shell hanya menjajakan bahan bakar non subsidi.Dan Shell hanya memiliki 3 jenis bahan bakar.Mari kita simak satu per satu:

#Shell Super 

Super adalah kompetitor dari Pertamina Pertamax.Kedua bahan bakar ini satu kelas pada nilai oktan 92.Pengalaman pribadi gw saat mencoba lgs bahan bakar ini adalah........LUAR BIASA!Pada blog ane sebelumnya soal motor gw yg "royal" karena gk mw diisi bensin murah.Nah saat itu gw pengen coba bahan bakar lain,yg msh sekelas ama pertamax.Pilihan gw jatuh pd Shell super.Dan setelah tangki gw kosongin,dan gw penuhin dengan Shell super,entah perasaan atau bagaimana,motor terasa lebih ringan.

Shell Super biasanya di banderol lebih murah dibanding pertamax.Biasanya sekitar Rp.100-200 lebih rendah.Karena harganya berdasarkan nilai Dollar,makanya gw gk bs kasih harga yg detil (setiap minggu bisa berubah).

Soal fisik,juga sama seperti sang kompetitor.

#Shell V-Power

Bahan bakar ini termasuk baru karena baru dirilis di Indonesia pada May 2013 lalu.Power menggantikan Shell Super Extra yang merupakan pendahulunya untuk bersaing dengan Pertamax Plus pada oktan 95.Saat ini Power dan Super berada di barisan depan yang didampingi Shell Diesel.
Saat ini gw termasuk pemakai V-Power.Bahan bakar ini memiliki zat adiktif pembersih dan zat tambahan untuk mengurangi gesekan pada mesin.Mungkin ini kenapa,aroma Power tercium seperti bau alkohol.V-Power merupakan salah satu bahan bakar yang dikenal dunia international karena Tim balap F1 Ferari pernah menggunakannya.

Soal harga V-Power relatif mahal dan dari fisik,warnanya masih sama dengan Pertamax Plus dan Shell super extra yakni merah.

#Shell Diesel
Gak banyak yang gw tahu dari yang satu ini,karena sampai saat ini gw jarang liat truk atau Bus kota masuk Shell.Jangankan untuk isi bahan bakar,untuk numpang WC pun tak ada dari kalangan Truk dan Bus kota.

Menurut gw sih,mungkin Diesel memiliki fisik yang sama sperti solar pada Pertamina.


Setelah Pertamina dan Shell.........................OH IYA!wkwkwkwwkk padahal milik tetangga kita tercinta Malaysia yakni Petronas!

3.Petronas
Malaysia mendirikan Petronas pada tahun 1974.Dan guys,I think you all already know about the main Logo of "Twin Tower".Petronas mendirikan Pom bensinnya di Indonesia sekitar waktu yang sama seperti Shell seiring berjalannya politik "Pasar bebas".Pom Bensin Petronas memiliki 3 bahan bakar sama seperti hanya pada Shell. Petronas setau gw baru memiliki beberapa awak di Jakarta.Dan akhir2 ini aktivitas mereka agak melambat karena berbagai aksi demonstran menentang keberadaan nya di Indonesia.Akhirnya pada akhir 2012,banyak pom bensin petronas yang tutup akibat dorongan berbagai pihak.Jadi sori guys,i can`t explain more to you about Petronas.


 4.Total
 Mari kita tinggalkan kekelaman Petronas.Sekarang kita bahas tentang pom bensin yang terakhir.Pom bensin yang berasal dari Italia!Tapi tolong jangan berpikir soal Sphagetty Italia y dengan Bolognese cream....Ugh jadi laper gw wkwkwkwk

Anyway,Namanya emg unik yakni Total!Apakah kualitasnya juga Total banget????



 #Performance 92
Bahan bakar beroktan 92 ini adalah pesaing Pertamax dan Super.Gw sendiri blm pernah coba ini bahan bakar.Menurut beberapa threat yg gw baca,Performace 92 mirip2 shell super guys.Soal harga,Total umumnya menjadi penenngah antara Pertamina dan Shell.

#Performance 95
Beroktan 96.Dan yups ini adalah kompetitor dari V-Power dan Pertamax Plus.Saat mencoba bahan bakar ini gw merasa mesin gw relatif hangat dan cepat banget panasnya.Namun tarikan lumayan deh.  

#Performance Diesel
Huft....lumayan pegal nulis segini...........P.Diesel ditujukan untuk kendaraan bermesin diesel.Dan rasanya sih sama aj dengan Solar dan Shell diesel.


hah gile bener....gk berasa 2 jam gw nulis ginian guys!Namun masih ad yg pengen gw sampein wkwkwkwk ternyata setelah bertahun tahun yang namanya pom bensin besar,muncul fakta baru di masyarakat.

Pom Bensin Mini
  wkwkwkwkwwk gw salut ama Ibu ini,pantang menyerah untuk hidup.dan untuk kisahnya membuka usaha "Pom Bensin Mini" baca sendiri deh nih
http://megapolitan.kompas.com/read/2013/03/05/19450513/Usaha.Unik.Pom.Bensin.Mini. 

Okey guys,that`s all for today.....I gonna put my fingers away...it aches 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar