Kamis, 21 November 2013

Motor Tukang Galon yang Legendaris......Tragis!

Hello guys,come with me again,msh ingat kan bbrp waktu lalu,gw nulis tentang motor bebek Honda dari awal hingga yang terbaru.Nah meskipun sedang capek,gw sempet2in utk nulis tentang sesuatu yang benar2 tragis.......Seperti yg gw tulis bbrp wkt lalu,Motor Honda bebek namanya terangkat berkat para motor legenda2 yang laris manis bak kacang goreng.Tapi yg gw liat bbrp hari lalu adalah pemandangan yg sungguh menyedihkan bagi para bikers pecinta Honda2 lama.

Singkat cerita pagi hari sebelum fitnes,pas gw mw ambil minum utk isi botol air,ternyata galon dah habis semua.Trus pulang fitnes,gw telepon toko langganan galon air bokap.Setelah gw pesan,katanya akan diantar dlm 5 menit.Kebetulan jarak toko ke rumah gw gk jauh kok guys.

(Ilustrasi motor sedih Credit:bikepics.com)

Dan gk lama kemudian,si tukang galon langsung dtg.Pas gw bukain pintu,gw perhatiin,si abang naik motor Honda Astrea Grand keluaran tahun 1996 (sekitar).Kesan pertama melihat motor si tukang galon adalah sedih pake banget.Bagaimana enggak:

1.bodynya yg bener2 dah pecah sana sini,juga ditambah kotor karena hujan
2.Speedometer sudah bolong
3.ban baik depan maupun belakang sudah habis alias botak
4.Spatbor blkg sdh nyaris putus
5.Oli sudah bocor menetes netes
6.Shockbreaker nampaknya sudah gk fungsi
7.Kepala kabel busi hilang,hanya tinggal kabelnya
8.Jok sudah diikat sana sini,kulitnya pun sudah rusak

Gw liat lebih mendekat supaya bs lebih jelas.Tiba2 si abang dah selesai "transaksi" ama bokap gw.langsung aj deh gw tanya tentang tuh motor.

Gw      :Mas,ini motornya kok bs kyk gini mas?

Tukang :Oh iy nih mas emg,dah lama soalnya

Gw       : dah lama kalo dirawat juga bs bagus kan mas?

Tukang  :Iy sih mas,tp kan tergantung boss nya mas....nih motor punya boss saya wkt msh muda,trus gk mw dipake lg.Kebetulan mw buka usaha galon ama gas elpiji.Motor ini dulunya mulus mas,dipake boss sya pacaran ama istrinya yg skrg.(sambil menyalakan mesin).....nih aki-nya aj dah jebol dr kapan tau,tp boss nya gk peduli....mentang2 cuma motor buat anter galon ama gas.Lampu yg nyala cm depan ama belakang doang.

Gw       :ohhhh gitu y mas.....malang bgt nih motor hahahaha

Trus tukang galon itu pamit pulang.Setelah dia jalan,ada kepulan asap putih dari kanlpot,yang menandakan bahwa stang seher ud jebol.Sungguh terlalu pemilik toko itu.Motor yg ia pakai semasa pacaran dengan mantan pacarnya yg skrg dah jadi istrinya,sekarang cm jadi bulan2an utk anter air.

Tp itu gk penting bwt gw wkwkwkwk karena yg paling penting adl nasib satu koma si Atrea Grand toko galon itu.Dilihat dari STNK nya yg menandakan habis pd 01,berarti motor ini dari sisi surat kelengkapan pun,ud gk diurus.Yang paling membuat gw miris adalah jika kita ingat2 lg,nama baik Honda naik sesaat setelah Honda Astrea Grand diluncurkan.Grand menjadi primadona Honda saat itu,yg berhasil mengalahkan pesain2nya di kancah industri motor 4 tak.

Namun kini?????mungkin generasi muda lebih mengenal Honda Astrea Grand sebagai motor pengantar Galon air ke rumah mereka.Mereka tak tau,bahwa motor yg digunakan para tukang adalah sang legenda yg nasibnya tidak beruntung.Selain Grand,motor2 lain keluaran er akhir 90an juga menemani Grand dalam angkut2 Galon dan Gas seperti Astrea Star,Astrea 800 dsb.Bahkan beberapa merk motor lama diluar Honda juga digunakan sebagai motor operasional tukang galon ini (Yamaha F1z R)

Tetapi dibalik itu semua,hal ini membuktikan bahwa,mesin motor lama tak bisa dipandang sebelah mata.Motor si tukang itu nampak tak terawat,namun mengapa ia tetap bisa kuat berjalan menampung beban yg berat setiap harinya????Dijalanan gw sering menemukan tukang galon yg msh bs ngebut dgn motornya yg sudah parah kondisinya.Jadi bagi para pemilik motor Honda lama (< 2006) jgn lah kalian berkecil hati.Mesin kita kuat,Tukang galon telah membuktikannya!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar