Sabtu, 30 November 2013

Motor Honda Indonesia vs Motor Honda Thailand:Who`s Better?



Percayakah anda guys? Banyak yang bilang Jakarta identik dengan Bangkok.Dari dulu hingga sekarang era 2000an ini,semua tahu bahwa Garuda dengan Gajah Putih sering adu kuat. Thailand dan Indonesia sering beradu tanduk,salah satunya dari sisi industri roda dua yakni Honda Motor.Padahal Honda didirikan oleh Orang yang sama dari Jepang.Kedua negara besar ini sangat dominan karena kemiripan sifat negara.Bagaimana bisa dibilang begitu?
            Ternyata persaingan Indonesia dan Thailand,tidak hanya dari persaingan Transgender.Motor Honda mulai memasuki pangsa Asia sekitar tahun 1960-an.Indonesia mengimpor motor Honda pada sekitar tahun yang sama dengan Thailand.Tentunya Indonesia mengimpor lebih banyak produk daripada Thailand.
            Namun dari tahun 1990-an,Pabrik-pabrik Honda mulai didirikan di negara cabang impor,salah satunya Indonesia dan Thailand.Mulai dari sinilah para konsumen bisa merasakan kualitas barang luar negeri buatan negeri sendiri.Diberbagai situs otomotif,produk motor Honda dari berbagai negara sering dibanding bandingkan.
            Sebagai contoh salah produk Indonesia adalah Honda Absolute Revo 110 prduksi tahun 2008.Dari bentuk fisiknya Revo memiliki bentuk yang sama dengan Honda New Wave 110 buatan Thailand.
            Bicara soal perbandingan,Honda Indonesia ternyata lebih up-to-date dibandingkan dengan Honda Thailand.Seperti pada kasus Honda Revo dan Wave,Revo dari Indonesia diproduksi pada tahun 2008,sedangkan New Wave baru diperkenalkan sekitar tahun 2012 yang lalu.Bahkan Thailand masih memproduksi Honda Dream 100 yang merupakan persamaan dari Honda Prima di Indonesia yang sudah tak diproduksi lagi sejaak 20 tahun yang lalu.Sungguh perbandingan yang cukup jauh dari soal waktu perilisannya.Selain itu,masalah nama Indonesia menggutamakan hal sporty (Contoh:Supra Fit Racing Edition) dan tingkat keren sedangkan Thailand lebih ke kemanusiaan (contoh:Honda Dream).Lokalisasi cukup berperan dalam pemberian nama.
            Namun dari sisi mesin,hampir semua situs mempercayai,bahwa mesin Honda Thailand memiliki kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan Honda Indonesia.Honda Dream memiliki kapasitas mesin 125 cc sedangkan motor setara Dream di Indonesia yakni Supra Fit hanya berkapasitas mesin 100cc.Akan tetapi keawetan mesin Honda Indonesia sedikit lebih baik dibandingkan Thailand.Terbukti Motor Honda di Indonesia cukup bisa digunakan lebih dari 10 tahun on the road.Meskipun beberapa motor di Indonesia memiliki kapasitas mesin lebih besar dibanding Thailand.
            Bicara soal harga,baik Thailand maupun Indonesia memiliki harga yang tipis perbedaanya.Indonesia memiliki harga yang agak tinggi karena pajak kendaraan yang dikenakan.Sedangkan Thailand harga tinggi karena adanya imppor suku cadang yang didtangakn dari negeri Jepang.
            Pada akhirnya,anda lah sebagai konsumen yang menentukan mana yang lebih baik!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar