Kamis, 30 Januari 2014

Happy Chinese New Year:Gong Xi Fa Cai,Xi Nian Kuai Le


HI GUYS!!!Happy New Year for all of us!
Baik Chinese dan non-Chinese tak masalah yg terpenting kita dpt berbagi kasih di tahun baru ini

Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek dimulai di hari pertama bulan pertama ( 正月; pinyin: zhēng yuè) di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh 十五冥 元宵节 di tanggal kelima belas (pada saat bulan purnama). Malam tahun baru imlek dikenal sebagai Chúxī yang berarti "malam pergantian tahun".

Beberapa unsur dari Tahun Baru Imlek

1.Barongsai

(Barongsai)

Imlek juga biasa dimeriahkan dengan tradisi Pertunjukan Barongsai dan Liong.Menurut Wkipedia,

Barongsai adalah tarian tradisional Cina dengan menggunakan sarung yang menyerupai singa. Barongsai memiliki sejarah ribuan tahun. Catatan pertama tentang tarian ini bisa ditelusuri pada masa Dinasti Chin sekitar abad ke tiga sebelum masehi

2.Nian Gao(年糕)
 
 (Nian Gao)

Asingkah anda dengan kue ini?tentu tidak.Nian Gao atau Kue Keranjang/Kue Cina,tidak dapat dipisahkan dengan Imlek.Biasanya Kue ini disajikan dalam keadaan hangat.Kue ini juga digunakan sebagai bagian sesaji hingga malam Cap Go Me.

3.Toapekong

(Gotong Toapekong)

Toa Pe Kong atau Tepekong selalu menjadi ciri khas dari rentetan perayaan hari raya Imlek. Toa Pe Kong sendiri sebenarnya diadakan dalam rangka membuang kesialan dan kejahatan serta memohon keselamatan ke dewa-dewi di ajaran Budha. Hal ini diperoleh dari beberapa keterangan yang dapat penulis himpun terkait tradisi Toa Pe Kong. Ada yg menafsirkan Toa Pe Kong adalah Dewa Air yang dipuja oleh para pelaut. Dewa ini biasanya dikenal di Malaysia dan Indonesia. Namun, Tradisi Toa Pe Kong di Indonesia sendiri merujuk ke “Dewa-Dewi Tao” jadi tidak hanya kepada salah satu Dewa ataupun Dewi tetapi lebih kepada seluruh Dewa-Dewi dalam ajaran mereka.

Prosesi Toa Pe Kong sejatinya adalah acara mengarak replika kelenteng dengan digoncanggoncangkan ke kanan dan ke kiri tanpa berhenti. Replika kelenteng itu sendiri berukuran 1 x 1 meter dengan tinggi 1,5 meter memiliki empat bendera segitiga masing-masing berwarna merah, putih, hijau, hitam (di keempat pojok atapnya) dan satu bendera berwarna kuning diletakan di tengah atap, dan semua benderanya berlambang Naga. Replika tersebut sendiri dipikul oleh empat orang dan diarak keliling dari dalam kelenteng sampai akhirnya masuk kembali ke kelenteng. Selama di arak, replika tersebut tidak boleh sampe diletakan di tanah, sehingga pada saat para pemikul sudah mulai kelelahan, langsung akan digantikan pemikul baru tanpa meletakan replika tersebut di tanah.

4.Angpao
NAHHHHHHHH!!!!!!!
Yang ini pasti semua suka!Angpao!kayaknya sudah tak banyak yg harus gw katakan tentang angpao.Amplop merah ini diberikan oleh para orang tua atau orang yang sudah menikah kepada mereka yang belum menikah atau melajang.Hal ini diharapkan agar rejeki dari si pemberi tersalurkan ke si penerima Angpao

5.Amoy-Amoy Cantik!
          

                                                                              
                 
Tenang yang ini cuma bercandaan (tes kejantanan hehehee)wkwkwkwkk,tapi bisa juga berupa kenyataan loh!perhatikan saja wanita2 tionghoa saat imlek,cantik2 kan dengan dandanan make-up,kulit putih dan riasan rambut serta pakaian adat khas Tionghoa

Oh iya,Amoy artinya adalah wanita Tionghoa yang masih gadis alias lajang.Gambar diatas ini,type gw abis!
(Note:gambar ke 4 harus disensor,karena......you know it)

Larangan Saat Imlek


Nah pada kesempatan ini,gw mw berbagi beberapa tips pantangan apa yang harus kita lakukan pada hari raya Imlek ini:

1.Jangan Memotong Rambut
Memotong rambut dianggap akan menghilangkan rejeki dan biasanya dilakukan pada saat upacara pemakaman (saat duka)

2.Jangan Bersih-bersih Rumah
Sapu,pel,kemoceng penghisap debu untuk sementara simpan dulu.Rejeki kita hilang loh kalo disapu hiks hiks hiks

3.Jangan Makan Bubur
Bubur (poridge) dilarang dinikmati saat imlek karena merupakan wujud dari kesusahan

no 4 ini paling utama guys!
4.LUNASI HUTANG-HUTANGMU SEBELUM IMLEK!!!!!!!
Wahhhh gawat banget ini!Jangan sampe ada hutang yang tertinggal saat Imlek.Karena dipercaya akan mempersulit kita dalam ekonomi kedepannya!


Nah okey guys,itulah tadi serba serbi imlek versi blog bodoh ini

Akhir kata,Gong Xi Fa Cai,Xi Nian Kuai Le,And Keep Living in The Moment with Me Jeff Hardy!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar