Kamis, 27 Februari 2014

Grand Theft Auto Series (Bhs.Indonesia)

Hai guys,kembali lagi di Extreme Enigma!Sebuah blog yang semakin hari semakin bodoh ini = ="


Oke guys,gw sudah berjanji pada diri gw sendiri,bahwa artikel ini merupakan artikel terakhir yg gw tulis di usia 18 tahun.Karena per 28 Febuary 2014,gw tdk lagi 18 tahun,because when the clock move to midnight and course to friday,I gonna turn 19!

Dari judul nya,kira2 apa ya yg mw gw tulis?Hmmm ud pd tau lah pastinya!Game ini adalah salah satu game yang paling controversial yg pernah lahir di kancah dunia game konsol.YES!GTA Series!

Game GTA berasal dari negeri Kerajaan Inggris alias United Kingdom.Lalu mengapa disebut controversial?Karena game ini melibatkan banyak aksi2 kriminal.GTA Series adalah game bergenre "Free Roam" atau bebas berkeliling kota dan menyelesaikan berlusinan misi.Misi2nya,tentunya juga kontroversi.Dari namanya saja sudah kita bisa tebak,mencuri kendaraan.Misi dalam GTA Series bukan hanya mencuri kendaraan,namun masih banyak lagi type misi yang lain seperti Merampok Bank,membunuh anggota geng musuh,melindungi teman,dan bahkan membangun keluarga yang harmonis dari dunia kriminal (GTA V).

Sejak kelahirannya pada tahun 1997,banyak media yang memprotes game ini.Namun pada kenyataannya,USA yang pertama kali menolak,kini menjadi negara terbesar yang memiliki banyak Pre-Order game ini.Setting kota pada game ini umumnya mengambil dari dunia nyata seperti New York,Liberty City,Portland,dan negara asli pembuat game ini yakni Inggris.Namun banyak kota yang diubah namanya untuk menghilagkan aroma negatif seperti penggantian nama "Los Angeles" menjadi "Los Santos" (GTA:San Andreas & GTA V) dan "New Jersey" menjadi "Alberny" (GTA IV).

Bukan hanya kota,kendaraan pun juga tidak bisa dilupakan dalam game ini,namun juga dengan nama yang diganti (contoh:"Landrover" menjadi "Landstalker").Kendaraan hadir dengan berbagai jenis seperti sedan,family van,truk,bus,dan bahkan pesawat terbang.Kendaraan komersil seperti Taksi,pemadam kebakaran,bus sekolah menambah feel dari game bagaikan aslinya di dunia nyata.

Player juga bisa melakukan berbagai misi sampingan seperti menjadi pengantar pizza,supir taksi,dll disamping melakukan berbagai misi utama untuk melanjutkann jalan cerita setiap game nya.

Berikut adalah game GTA Series:
1.GRAND THEFT AUTO 

Game pertama dari seri panjang ini.Merupakan game yang mengawali era 2-D.Dirilis di PC dan Playstation tahun 1999.Setting tahun dalam game ini adalah era 1960-an.Game ini memiliki 2 buah perpanjangan tangan yakni GTA London 1969 dan GTA London 1961.Game ini memiliki posisi kamera yg unik,yakni dari atas (mirip view dari atas helikopter yang terbidik ke bawah).

2.GRAND THEFT AUTO 2
Game seri kedua.Secara keseluruhan masih mengandung unsur yang sama seperti pada game pertama.Namun versi PC memiliki banyak elemen dibandingkan versi Playstation.Dirilis pada tahun yang sama yakni 1999.Game kedua ini merupakan yang terakhir dirilis di era 2-D

3.GRAND THEFT AUTO III

GTA III adalah "Game Terobosan" dari GTA Series.Dirilis untuk PS2,X-BOX & PC.Setelah terpuruk oleh dua game pertama,GTA III membuka era 3-D dengan gemilang.Menggunakan view kamera yang jauh lebih baik yakni Third-Person mode,game ini menjadi salah satu icon PS2 yang tergolong baru saat itu.Dirilis pada 2001,game ini masuk dalam jajaran game terbaik pada era awal 2000-an.Tembak-menembak menjadi elemen kuat dalam game ini.Dengan hadirnya suara pada karakter,game ini menjadi lebih hidup.Tokoh utamanya adalah Claude yang berusaha untuk setia pada boss-nya.Setting tahun dalam game adalah 2001.Game pertama yang ratingnya "M"(18 taun keatas)

GTA III memiliki perpanjangan tangan yang merupakan penerusnya mulai dari Vice City hingga Vice City Stories.Secara setting tahun di seri game,ini merupakan seri terakhir (2001) di era 3-D

4.GRAND THEFT AUTO:VICE CITY
Game ke 4.Dirilis untuk PC,X BOX dan PS2.Dirilis tahunn 2002,game ini mempertahankan banyak elemen dari game ke 3.Bercerita tentang kehidupan Tommy Vercetty yang baru saja bebas dari penjara.Setting tahun nya adalah 1986 sekitar musim panas.

Game ini merupakan game terlaris PS2 hingga Juli 2006 yang juga meraih kritik terbanyak karena konten kekerasan dan seksualitas yang sangat terasa di dalamnya.

5.GRAND THEFT AUTO SAN ANDREAS
Game terlaris PS2 sepanjang masa.Game ini laku hingga hampir 10 juta kopi sejak dirilis tahun 2004.GTASA dirilis untuk PS2,PC,X-BOX,iOS,Android,dan bahkan Telepon genggam.Setting game adalah tahun 1992 atau sekitar 6 tahun setelah Vice City.

Peran utamanya adalah Carl Johnson atau CJ yang memiliki latar belakang keluarga yang berantakan karena narkoba,seks bebas,dan perang geng.Untuk pertama kalinya peran utama berusaha untuk membawa perdamaian untuk semua kalangan dan menghilangkan perpecahan RAS (mengingat CJ adalah Afro-American).

Game ini juga memperoleh kritik yang besar dan menimbulan kontroversi.Hampir semua kritik karena "Hot Coffee" yakni sebuah Mod yang berisi konten seks yang terlihat jelas tanpa sensor sedikitpun.Karena insiden ini,game GTA SA sempat ditarik untuk di rating ulang dari "T" menjadi "M".Namun Mod ini saat ini sudah tidak ditemui mengingat versi PS2 kebanyakan dimiliki oleh anak2 yang masih dibawah umur.

Meskipun banyak kritik,game ini memiliki banyak terobosan baru yang menaikan nama "Rockstar" selaku pembuat game ini.

6.GRAND THEFT AUTO LIBERTY CITY STORIES
Game ke 6 yang dirilis pada tahun 2005.Game ini dirilis untuk PS2,PC dan debut di PSP.Setting ceritanya adalah tahun 1998 (wah Indonesia lagi kerusuhan nih).Tokohnya bernama Toni Cipriani yang melarikan diri setelah membunuh orang.Tugas Toni adalah untuk mengambil alih kota menjadi milik boss besarnya.

Game ini memiliki setting kota yang sama seperti pada GTA III yakni Liberty City,namun memiliki beberapa perbedaan karena tahun nya yang berbeda (seeprti jembatan yang sudah sempurna dibangun di GTA III namun di Gta Liberty City jembatannya belum jadi).

Game ini tidak membawa nama yang besar karena kalah dengan seri sebelumnya.Jika diibaratkan,GTA LCS bagaikan seorang pria yang kurang ganteng tapi tidak jelek karena mengingat ratingnya yang sedang2 saja (rata2 70-80).

7.GTA VICE CITY STORIES

Meskipun merupakan paling baru di era 3-D,game ini bersetting di tahun 1984 yang berarti merupakan paling awal di seri GTA.Player akan mengontrol Victor Vance yang merupakan kopral di ketentaraan Amerika.

Game ini memiliki unsur baru yakni "kerajaan" mulai dari pelacuran,aset,,dll yang bisa dimiliki oleh player.Game ini dikritik karena loading time nya yang panjang.

8.GRAND THEFT AUTO IV......CHINATOWN WARS....BALLAD OF GAY TONY.....EPISODE FROM LIBERTY CITY.....LOST AND DAMNED

Game pembuka di era HD.Game ini merupakan game pertama yang dirilis di konsol generasi ke 6 yakni PS3 dan X-BOX 360.Game ini bersetting sesuai tahun rilisnya yakni 2008 di kota Liberty modern.Game ini sangat berubah dari para pendahulunya di era 3-D.Tokohnya adalah Niko Bellic seorang veteran perang Rusia.

Semua karakter adalah "fresh" yakni tidak ada karakter dari game2 sebelumnya yang muncul di game ini.Kualitas gambar yang tinggi,menambah suasana benar2 mirip seperti kota aslinya.

GTA IV memiliki 4 perpanjangan tangan yakni Chinatown Wars dan Ballad of Gay Tony serta Episode from Liberty City diikuti Lost and Damned.

9.GTA V


Game terbaru (per 2013).Game ini merupakan penerus GTA IV,diliris pada tahun 2013.Game ini menggabungkan banyak unsur dari GTA sebelumnya menjadi satu paket panas (dikira lagi di restoran fast food kali).Namun game menghadirkan banyak elemen baru berupa bisa memainkan 3 karakter dalam satu misi.Jadi tdk heran bahwa satu misi bisa berlangsung paling cepat 20 menit.

Game ini dirilis untuk PS3 & X-BOX 360.Tokohnya adalah Michael,Trevor dan Franklin.Game ini mengandung unsur kekerasan yang jauh melebihi San Andreas dan Vice City.Bahkan erotisme menjadikan game ini cukup dilarang dibeberapa negara,karena para stripper atau penari telanjang,benar2 seperti pd kehidupan nyata.Entah apa yang terjadi jika game ini masuk ke Indonesia.

Nah itu dia tadi review super singkat dari Extreme Enigma tentang game paling kontroversial yang pernah ada.Jadi yang ingin main,pastikan KTP dah 2 tahun dimiliki alias usia 18 tahun ya!

Dengan artikel ini,selesai sudah menulis blog ini di umur 18 tahun,artikel blog selanjutnya akan gw tulis di usia 19 tahun!Tx GOD untuk berkatNya selama setahun ini!

Akhir kata,tx for reading,and keep living in the moment with me JEFF HARDY!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar