Jumat, 07 Februari 2014

Teman Malam Minggu-ku "Nasi Goreng" !!!

Hi Guys,balik lagi ke Blog Bodoh ini!

(Gw Bersama dengan si Nasi Goreng)

Kembali untuk membahas soal kuliner hehehehe.Kali ini Extreme Enigma akan membahas tentang makanan kesukaan gw yakni "Nasi Goreng" alias Fried Rice!Emang sih kedengerannya gk penting banget hahaha,tapi lumayan lah sebagai bahan referensi pembaca untuk menikmati kuliner di akhir pekan atau menikmati malam minggu nanti hihihihihi

Iseng2 searching di mbah Google,ternyata nasi goreng ini cukup melegenda loh!Presiden USA Barrack Obama pun merindukan Indonesia salah satunya karena pesona Nasi Goreng Indonesia yang sangat khas.Gw pernah mencoba beberapa nasi goreng luar,dan hasilnya,gw gk begitu suka dengan rasanya.Makanya ini memungkinkan para Bule2 yang pertamanya tidak suka nasi goreng di negara asalnya,setelah mencoba nasgor Indonesia,langsung ketagihan!Mantap!

Nasi Goreng juga memiliki banyak variasi diberbagai negara.Tentu variasi2 ini muncul dengan nama yang berbeda beda pula.Nah ini penjelasan berikut list nasi goreng dibelahan dunia (sumber:wikipedia.org):
  • Hokkian atau Fujian nasi goreng: variasi Cina nasi goreng ini berasal dari daerah Fujian Cina; ini memiliki saus kental diatasnya. Saus mengandung jamur, daging, sayuran, dll.
  • Bai cha: variasi Khmer untuk nasi goreng, termasuk potong dadu sosis Cina, bawang putih, kecap dan bumbu biasanya dimakan dengan daging b**i.
  • Canton (atau Penggemar Mui): Kanton sepiring nasi goreng, biasanya disajikan dengan kuah kental dituangkan di atasnya.
  • Cha-Han (チャーハン) atau Yakimeshi (焼き飯): ini Cina nasi goreng cocok untuk selera Jepang, kadang-kadang menambahkan katsuobushi' untuk rasa.
  • Yeung chow (atau Yangzhou) nasi goreng: hidangan ini terdiri dari porsi udang dan telur orak-arik, bersama dengan panggang daging babi. Ini adalah nasi goreng paling populer disajikan di restoran Cina, sering disebut hanya sebagai "nasi goreng Spesial" atau "rumah nasi goreng".
  • Yuan yang nasi goreng: atasnya dengan dua jenis saus yang berbeda, ini biasanya memiliki saus putih gurih pada satu setengah, dan sebuah merah berbasis tomat saus pada setengah lainnya. Versi dijabarkan menggunakan saus untuk membuat simbol taichi ("yin-yang").
  • Nasi goreng Birma (htamin gyaw) biasanya menggunakan Birma beras harum yang gabah pendek (bulat dan lebih pendek). Berbagai populer adalah versi sangat jelas terdiri dari nasi, rebus kacang polong, bawang, bawang putih dan kecap gelap. Bumbu yang menyertainya akan ngapi kyaw (ikan goreng pasta dengan serpihan robek) dan ketimun segar strip dicampur dengan bawang cincang, cabe hijau dan cuka.
  • Nasi goreng Thailand (khao pad atau disebut khao phad): rasa versi ini secara radikal berbeda dari nasi goreng yang umum, sebagian besar karena penggunaan Melati beras, dan memiliki berbagai tambahan yang tidak ditemukan dalam versi Cina. Hal ini biasanya disajikan dengan irisan mentimun dan prik nam pla, saus pedas yang terbuat dari cabe Thailand, kecap ikan dan bawang putih cincang.
  • Nasi goreng Amerika (Khao pad Amerigan): gaya ini nasi goreng adalah benar-benar penemuan Thai menggunakan hot dog, ayam goreng, telur sebagai lauk atau dicampur ke dalam nasi goreng dengan saus tomat. Rupanya, ini disajikan ke GIs selama Perang Vietnam, tetapi sekarang telah menjadi sangat populer dan biasa di seluruh Thailand. Mitra Malaysia, mengganti daging babi dengan ayam, disebut nasi goreng USA.
  • Nasi goreng: Indonesia dan Melayu versi nasi goreng, perbedaan utama dibandingkan dengan nasi goreng yang dimasak dengan kecap manis (kecap manis). Hal ini sering disertai oleh item tambahan, seperti telur dadar, ayam goreng, sate, dan bumbu sambal, acardan krupuk. Itu disajikan di Indonesia, Malaysia, Singapura, dan sebagian besar negara-negara tetangga, dan populer di Belanda.
  • Chaufa: nama populer untuk Cina nasi goreng di Peru. Varietas yang paling umum yang dibuat menggunakan bahan yang sama yang digunakan di Cina. Beberapa versi eksotis yang dibuat dengan daging kering, lidah sapi, buaya, kadal tempat daging tradisional. Di beberapa daerah beras diganti dengan quinoa atau pearled gandum sementara di lain nasi dicampur dengan mie.
  • Chaulafan adalah nama untuk Cina teman beras di Ekuador. Di Ekuador dan Peru, kecap lebih disukai untuk digunakan dengan nasi goreng. Daging yang biasanya digunakan adalah biasanya daging babi, daging sapi, ayam atau ikan (misalnya udang).
  • Kimchi bokkeumbap atau kimchi nasi (berbagai masakan lain) goreng: berbagai populer nasi goreng, yang disajikan dengan acar kubis (kimchi) dan daftar bahan-bahan lain. Berbagai macam hidangan nasi goreng sering disiapkan dalam masakan Korea, sering dengan bahan-bahan apapun berguna.
  • Sinangág:Variasi Filipina untuk nasi goreng, yang dimasak dengan menambahkan bawang putih goreng nasi dan kemudian bumbu campuran dengan garam dan merica. Sayur-sayuran, daging dan bahan lainnya dapat ditambahkan tetapi umumnya dibiarkan kosong, karena bahan-bahan lain dapat merubah cita rasa viand dimakan dengan nasi goreng. Sinangag kebanyakan dipasangkan dengan "kering" bahan makanan, dan sangat jarang dengan orang-orang soupier. Sarapan yang umum, sehari-hari piring, sebagai beras yang digunakan dalam sinangág biasanya sisa dari malam sebelumnya dan dengan demikian memiliki tekstur yang lebih disukai, perusahaan. Sinangág adalah menu utama Sarapan dari tapsilog.
  • Nasi goreng kari: Nasi Goreng  dicampur dengan bubuk kari untuk rasa spicier.
  • Nasi goreng sambal: ditemukan di Singapura, ini adalah variasi dari nasi goreng dengan sambal, bumbu berdasarkan cabai dan belachan, berasal dari Indonesia dan Melayu pengaruh.
  • Nasi goreng Hawaii: gaya umum nasi goreng di Hawaii, biasanya berisi telur, bawang hijau, kacang polong, wortel pangkat, dan Portugis sosis atau Spam atau keduanya, kadang-kadang tersedia dengan kimchi yang ditambahkan. Biasanya, dimasak dalam minyak wijen.
  • Arroz Frito (Nasi goreng Kuba): sangat mirip dengan "nasi goreng Spesial", versi ini dapat ditemukan bersama dengan hidangan khas criollo di banyak restoran Kuba. Ini hidangan fitur ham, daging ba*i panggang, udang, ayam dan telur, bersama dengan berbagai sayuran. Beberapa restoran menambahkan lechón (ba*i Khas Kuba), ekor lobster, dan kepiting.
  • nasi goreng telur dadar : juga dikenal sebagai omurice dalam bahasa Jepang atau nasi pattaya dalam bahasa Melayu, itu adalah nasi goreng yang dibungkus dalam telur dadar. Nasi goreng biasanya dicampur dengan berbagai macam sayuran dan daging. Saus tomat bisa ditambahkan.
Nah bagaimana guys?pusing?iya gw juga!Nasi Goreng ini menurut gw mirip dengan semboyan Indonesia "Bhineka Tunggal Ika"/Berbeda beda tapi tetap satu,karena dari daftar variasi nasi goreng diatas,tetap saja pada akhirnya akan membentuk sepiring nasi goreng.Dan dari soal harganya pun juga Bhineka Tunggal Ika yakni mau makan dimanapun tuh nasi goreng baik pinggir jalan ataupun resto,tetap saja kita harus keluar uang kan?hehehehe kecuali kalo bikin sendiri dirumah.

 
(Bang Imam Sugiarto alias Untung)

Bagi gw pribadi,nasi goreng juga adalah teman setia gw di malam minggu yang sepi (derita jomblo sejati).Ya karena gw single inilah yg membuat nasi goreng menjadi teman setia yg menemani saat malam minggu selama bertahun tahun.Gw juga memiliki langganan tetap di dekat tempat tinggal,gw dah langganan ama orang ini sejak 10 tahun lalu (sekitar 2004) saat gw masih kelas 4 SD.Wow cukup lama juga ya hahahaa.Si "Bang Untung" pun sudah akrab banget ama gw,dari dia masih berdua bapaknya,ampe si bapaknya meninggal,trus dia yang nerusin usaha bapaknya bersama sang istri tercinta,gw mengikuti semuanya hingga saat gw tulis artikel ini.Bang Untung pun sering bertanya kenapa malam minggu gw hanya ditemani si Nasi Goreng bukannya sama si "Dia".Gw sih adem ayem ajah toh pertanyaan kyk gitu dah basi ditelinga gw hehehe

Pokoknya,gw terus menjalani hidup (lebay) sesuai arahan yang Mahakuasa hingga suatu hari nanti,gw akan ditemani oleh si Nasi Goreng dan si "Dia" dalam waktu yang sama hahahahaa.....I hope So,someday!

Alright guys,that`s it for my article of my friend "The Fried Rice",Thank you for reading,and feel free to comment!

But Don`t forget,keep Extreme and Living in the Moment with me Jeff Hardy!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar