Kamis, 20 Februari 2014

HP Cina

 


Bla bla bla bla bla!
Hah.....entah lah,tapi cobalah kita liat beberapa contoh HP pada gambar diatas.Pada gambar pertama,terlihat sebuah Smartphone bernama blackberrrr.....ups wait a minute!Something different about that phone

Singkat cerita,gw lagi nemenin adik gw yang penakut dan pengecut karena gak berani pergi beli HP sendiri padahal toko HP nya tepat berada di depan rumah.Nah sampai didalam toko itu,gw melihat berjejeran HP yang di jajarkan dengan rapi di etalasenya masing2.Mereka berjajar layaknya di supermarket.Nah waktu gw perhatikan ternyata ada beberapa nama Ponsel asing yang dijual di toko tersebut.

Sekilas pada pandangan pertama (ceilah),kita langsung menebak type ponsel tersebut adalah salah satu type yang dirilis oleh Blackberry,ponsel pintar asal Kanada.Memasuki era digital ini,yang namanya smartphone sepertinya "wajib" dimiliki oleh setiap orang,tak peduli siapa dia dan berapapun usianya.

Kalo gw ingat2 sekitar tahun 2008,untuk pertama kalinya gw mendengar sebuah kata yang saat ini menjamur ditelinga masyarakat umum yakni "Blackberry".Sepintas gw teringat salah satu buah dengan nama itu,tapi setelah gw selidiki,ternyata itu adalah nama dari sebuah ponsel baru yang dirilis di Kanada.Maklum deh masih SMP waktu itu,satu teman gw berhasil menebus harga sekian juta untuk mendapatkan BB Curve keluaran pertama (masih Trackball).Dari sinilah merebak yang namanya smartphone.Namun sepertinya,kancah dunia smartphone seperti Blackberry saat itu,hanya bergerak di masyarakat kelas atas saja.Mengingat harganya yang masih melangit.

Di lain hal,merebak pula sesuatu yang baru di antara masyarakat menengah kebawah seperti gw.Sekitar era tahun yang sama,sebuah perusahaan ponsel lokal berhasil bersaing dengan ponsel luar saat perilisan "smartphone" bertema lokal.Salah satu yang melakukan ini dahulu adalah Nexian.

Nexian adalah ponsel lokal yang didukung dari negeri China (sbg headquarter-nya).Nexian yang diikuti oleh beberapa merk ponsel lokal lain,langsung membuat ponsel pintar yang bentuknya sepintas mirip dengan ponsel2 yang sudah punya nama seperti BB,Nokia,Samsung,dan Motorolla serta Siemens.Nah,orang Indonesia yang memiliki rejeki pas2an namun ingin memiliki HP yang bagus,langsung menyerbu konter2 HP disekitarnya,dan membeli HP Cina ini.Tak ingin ketinggalan,gw pun mengikuti nya hehehehe maklum blm punya uang yang cukup untuk BB Curve sekalipun yg saat itu msh seharga Rp 3 Juta rupiah

Setelah gw beli dan dipakai selama setahun,gw mulai merasakan byk kejanggalan yang terjadi di HP gw itu.Mungkin punya gw masih lebih baik drpd punya orang disekitar gw.Masalah yang umum timbul mulai dari body yang mudah berkarat (jika panel-nya besi).sinyal yang hilang,kamera gelap,speaker tidak berfungsi,touchscreen yang minta di "lem biru",dsb.Kembali citra barang China tercoreng akibat produsen yang tidak mengutamakan keawetan produk nya.


Dampak + dan - HP China
Positif:

1.HP Cina umumnya memiliki tubuh yang cukup kuat agar tidak terkesan murahan.Meskipun tetap harus dijaga agar tidak terbanting ataupun terkena air

2.Harganya cukup terjangkau .Inilah alasan utama mengapa hp cina di gemari masyarakat.

3.Fitur2nya bahkan lebih lengkap daripada HP berkelas

4.Memiliki kapasitas kartu SIM lebih dari 1 bahkan 2 (GSM+GSM,GSM+CDMA,GSM+GSM+CDMA)

Negatif:

1.Rapuk kondisinya jika tidak dijaga

2.Garansi seringkali hanya janji palsu dan terkadang sudah lewat masa berlakunya saat baru dibeli.Ini merupakan pengalaman gw terdahulu dimana waktu gw beli HP gw liat di kartu garansinya,tercantum tahun 2009,padahal saat gw beli sudah tahun 2010.Saat gw adukan ke tokonya,pemilik toko hanya berkata "Wah kurang tw deh saya dek" (apa bedanya sama "Emg Gw pikirin").Gw peringatkan kpd seluruh pedagang HP agar tidak mencontoh perilaku pedagang ini,atau jika tidak,You will fall in the hand of R-K-O!

3.Tidak bisa di update.Ini juga pengalaman beberapa teman yang memebeli HP android China,yang ternyata versinya bahkan tidak mencukupi untuk fitur2 terbaru saat ini.

4.Spesifikasi rendah.Tentu saja dgn spek rendah anda tidak bisa mendownload fitur2 tertentu dari Playstore atau googleplay

Tips Membeli HP China (Versi Extreme Enigma)
1.Belilah di Konter resmi

Hal ini untuk meminimalisir jika ada kendala di awal pemakaian.Anda juga bisa mengadukan garansi dengan lurus dengan konter resmi karena biasanya mereka langsung menghubungi pihak distributor bila ada keluhan pelanggan.

2.Jangan Beli yang Harganya Terlalu Rendah

Ternyata HP China pun memiliki kualitas berdasarkan harga.Gw beli Hp China pertama gw dengan harga 1 juta rupiah.Sedangkan teman gw beli dgn hanya sekitar 300rb rupiah yg dilengkapi fitur menarik.Namun gw bisa pakai hingga 3 tahun kedepan sedangkan teman gw itu hanya berkisar 1/2 tahun saja setelah pembelian

3.Hindari Pemakaian yang Lama

Jangan menggunakan HP China anda selayaknya anda memakai HP berkelas untuk main game berat atau chatting secara berlebihan.Takut2 baterai akan lebih cepat lemah dibandingkan pemakaian normal.Ini adalah fakta karena gw dah buktiin!

4.Belilah yang Masih Tersegel Rapi

Perhatikan di dus HP China anda jika membeli,Jika segel sudah berupa tambalan (2 lapis) berarti HP tersebut sudah pernah dibuka sebelumnya.Tolak barang jika kondisi ini anda temukan

5.Tes ke-aktifan Perlengkapan 

Cek kelengkapannya seperti Headset,Charging Adapter,Kabel Data,kartu garansi dan buku manual kepemilikan.

Nah itu dia tadi pendapat gw tentang HP China.Kesimpulan gw pribadi sih,keawetan juga bergantung pada kalian sang pemiliki.Jadi sekalipun beli HP berkelas tinggi,namun jika tidak terawat,hasilnya akan sama saja seperti HP China yang tidak terurus

Tx for reading,and keep living in the moment with me Jeff Hardy!!!! 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar