Minggu, 23 Februari 2014

Kapal RMS Titanic "Kapal yg tdk bisa tenggelam" yang Tenggelam

Hello guys!You know,gw dah sejak lama ingin menulis artikel ini,hanya aja entah deh ada aja halangannya salah satunya tugas kuliah.

Nah taukah kamu apa yang ingin saya tulis?hahahaaha dari judulnya pasti dah tau lah.Sebuah kepal pesiar megah yang terkenal di era-nya sekitar 1912 (lebih dari 100 tahun lalu).Dia sungguh besar,bahkan lebih besar dari pesawat Airbus masa kini.Berat nya berpuluh kali lipat dari pesawat terbang.Siapakah dia?Yeps RMS Titanic!


Mungkin Titanic dah gak asing bagi sebagian besar orang.Dan ironisnya,orang mengenal Titanic bukan karena kemegahannya,melainkan karena persitiwa mengerikan yang menimpa Titanic pada saat pelayaran pertamanya yakni tenggelam setelah menghantam gunung es di Samudera Atlantik Utara.Dari beberapa teori tenggelamnya kapal buatan White Star Lines itu,akhirnya diungkap bahwa Titanic terbelah dua sebelum tenggelam sepenuhnya.

Gw cukup terobsesi dgn Titanic ini,karena sangat menarik untuk diperbincangkan.Salah satunya adalah kesomobongan para petinggi kapal terutama sang Kapten yang tidak mengidahkan peringatan karang es dari kapal lain yang ada disekitarnya.Hal ini diakibatkan oleh "Tagline" Titanic yakni "Unsinkable" atau tidak bisa tenggelam.

Kesenjangan sosial juga terjadi diantara para penumpang.Kabarnya yang gw baca diberbagai sumber,Penumpang kelas utama boleh menjelajah kapal 100% tanpa halangan atau peringatan petugas.Kelas kedua dapat menjelajah hingga 80% bagian kapal.Namun untuk penumpang "Kelas Kambing" atau kelas tiga,hanya diperbolehkan untuk melewati area tertentu saja.Memang saat itu,harta masih menentukan derajat seseorang.

Untuk kelas Pertama dan kedua,mereka disambut langsung oleh Kapten Kapal Mr.Smith,Pemilik Kapal Thomas Andrews,dan pemilik White Star Lines sendiri Bruce Ismay.Sedangkan untuk kelas tiga,harus melewati berbagai pemeriksaan badan yang rumit dan ketat.Pihak Titanic tentu tidak mau jika mereka mendapati ada penjahat atau penyusup yang masuk ke kapal mewah tersebut,sehingga jika terjadi mereka harus berputar arah kembali ke Inggris untuk menurunkan para penjahat dan penyusup.

Titanic sangatlah terkenal karena kecelakaan yang dialaminya disebut sebut sebagai "Tragedi Paling Mematikan di Masa Tenang".Karena saat itu merupakan tahun2 tenang di daratan Eropa sebelum munculnya Perang Dunia I pada tahun 1914.Titanic telah menewaskan lebih dari 1500 orang,dari total hampir 2000 penumpang yang berarti tak sampai 50% korban selamat.Rata2 korban tewas adalah kaum laki2 karena para petugas Titanic hanya memprioritaskan Para wanita dan anak2 untuk naik ke sekoci.Hasilnya hampir ratusan keluarga kehilangan kepala keluarga dan terancam hidup susah karena tidak ada yang menafkahi keluarganya.Kebanyakan dari korban tewas adalah paralaki2 yang ingin mengadu nasib mereka di USA.

Hal yang menarik lainnya adalah,kapal ini ternyata sangat sulit dibuat,dan bahkan sebelum kecelakaannya,Kapal ini sudah memakan 6 orang korban yakni para pekerja Kapal yang meninggal entah karena tertimpa kayu besar,atau penyebab lainnya seperti terjepit dimesin yang sedang berjalan.

 
(Olympic dan Titanic bersama;Ini adalah foto terakhir kedua kapal kembar bersama)

Oh iya,Titanic memiliki dua saudara kembar Brittanic dan Olympic.Hingga akhir hayat White Star Lines,hanya Olympic yang bertahan (Titanic dan Britannic tenggelam)

Sejarah Titanic (Kutipan Pribadi)
 
(Titanic meninggalkan Southampon,1912)

Titanic memulai sejarahnya pada 12 April 1912 pukul 12 siang waktu Inggris.Ia meninggalkan tempat kelahirannya Southampton untuk pertama dan terakhir kalinya untuk berangkat ke New York.Titanic sempat berhenti di beberapa pelabuhan besar seperti Cherbough untuk menurunkan dan menaikan penumpang,sebelum akhirnya berlayar ke laut bebas tanpa daratan disekitarnya.

Untuk perbekalan,Titanic membawa ribuan daun teh,sachet kopi,serta makanan laut lainnya yang sudah jarang saat ini.Maklum saja perjalanan diatas laut biru yang memakan waktu seminggu,pastilah harus banyak persiapan untuk mengisi perut dari 2000 orang lebih.

Titanic,atas perintah sang kapten menambah kecepatan Titanic hingga 21 knot (40km/jam) agar dapat mempelihatkan ketangguhan mesin kapal yang terkenal paling canggih saat itu.Tanggal 14 April 1912,pada siang hari,udara begitu dingin dan angin begitu kencang melanda Titanic.Berbagai peringatan Es telah diterima Titanic namun tidak digubris,dan bahkan salah satu operator wireless memarahi penyampai pesan dgn alasan Ia sedang sibuk saat itu.Namun Titanic sempat merubah arah haluannya,tapi tidak mengurangi kecepatannya.

Hingga malam hari datang,Titanic tidak juga merubah kecepatannya.Dalam film James Cameron "Titanic" produksi 1997,Kapten Smith memerintahkan perwira tingginya William Murdoch,untuk mempertahankan kecepatan si kapal mewah.Langit dikabarkan gelap dan tidak ada sedikitpun sinar bulan (suasananya mirip Ancol Bay malam minggu kali ya?).Angin pun bertiup perlahan.Dan ini terus berlanjut hingga memasuki tengah malam.Namun semua berubah saat negara api menyerang ehhhh!!!!Ngaco hahaahhaa

 
(Titanic menabrak gunung es)

Namun pada pukul 23.30 waktu setempat,semua yang terlihat tenang berubah saat Federick Fleet,yang berada diatas menara pemantau Titanic berteriak dan berkata (perkataannya ini menjadi salah satu dialog yang terkenal dihampir semua film Titanic) "Iceberg,Right Ahead!"

Murdoch langsung memutar balik baling2 kapal menjadi arah sebaliknya untuk mundur dan memerintahkan Robert Hichens untuk merubah arah Kapal ke kiri.Namun karen kecepatannya terlalu tinggi dan semua terlambat.Dalam film,James Moody berteriak "She`s going to hit!"....beberapa mili detik kemudian,Titanic menabrak gunung es yang tingginya lebih dari geladak kapal.Titanic mengalami gesekan yang kemudian membuka robekan di bagian lambung kapal dan memenuhi 5 ruang kapal penuh dengan air.Murdoch terlambat untuk mengaktifkan pintu penahan air.Lebih satu ruangan dari apa yang bisa ditahan Titanic,karena Titanic hanya bisa bertahan dengan 4 ruang terisi air.Pompa air tidak bisa berbuat banyak karena ketinggian air sudah melebihi batas (90 meter).

Air seberat 7 ton,langsung memenuhi badan kapal,dan sesuai penghitungan Kapal akan tenggelam dalam waktu kurang dari 2 jam (an hour or two at most).Meskipun mewah,ternyata Titanic tidak membawa sekoci yang cukup untuk para penumpang,namun cukup menurut badan pelayaran setempat (minimal 10).Dan yang paling parah lagi,para kru kapal tidak terlalu ahli dalam misi penyelamatan penumpang di kapal.

Sekitar 1 jam setelah tabrakan,sekoci pertama diturunkan dari Titanic dengan hanya sekitar 28 orang didalam sekoci.Hal ini dikarenakan orang2 tdk mau naik ke sekoci dan tidak percaya bahwa Titanic akan tenggelam.Mereka percaya (terutama penumpang kelas utama) bahwa Titanic lebih aman dibandingkan sekoci yang kecil dan sempit.Titanic terus menurunkan sekocinya hingga beberapa saat kedepan.

Pukul 1 dinihari waktu setempat,keadaan air semakin memprihatinkan.Ini semakin sulit bagi penumpang kelas 3 yang berada di deck bawah untuk naik keatas.Belum lagi beberapa pintu gerbang yang sengaja dikunci dengan alasan agar penumpang kelas tiga tidak membludak naik ke lantai atas.20 menit kemudian,penupang mulai merasa khawatir.Mereka yang tadinya tidak ingin naik ke sekoci,kini berebut untuk naik.Petugas operator wireless,mengirimkan pesan SOS kepada semua kapal yang berada disekitarnya,dan hanya satu yang paling dekat yakni kapal milik Rival White Star Lines (Cunar Lines) bernama SS Carpathia yang juga berusaha melewati medan es.Carpathia langsung melaju kencang untuk menolong Titanic,namun jaraknya masih 4 jam lagi untuk ditempuh.

SS Californian sebenarnya berada jauh lebih dekat dgn Titanic.Sewaktu kapal naas itu menembakan kembang api tanda bahaya,Californian tdk bisa merespon karena operator sudah tidak pada jam kerja.Sebenarnya Californian sudah memberi peringatan pd Titanic,namun operator Titanic menolak karena sibuk (alah2 hanya alasan saja).Kapten Kapal yg sedang tidur,tdk merespon tembakan kembang api Titanic dengan alasan "Sebuah kapal tidak akan menembakan kembang api tanpa alasan"

 
(Almighty God...What in God Name,if only they lower the speed)

Pada saat yang sama,Titanic mulai kehabisan sekoci terakhirnya,namun beberapa tidak sempat turun dan masih bergelantung.Dan sangat terbukti,kapal akan tenggelam dengan ribuan orang masih diatas kapal yang semakin miring.Bagian depan menghilang dari pandangan karena tertutup air,dan semua benda yang tak terikat di bagian geladak langsung terseret kebawah.

Pesan darurat terakhir diluncurkan sekitar pukul 1.45 dinihari,karena sistem listrik di Titanic mulai kacau dan mulai berkedip.Pukul 2 dinihari,sekoci terakhir berhasil diturunkan.Semua orang kehilangan harapan untuk selamat.Banyak orang yang bahkan menerjunkan diri ke laut yang dingin agar bisa mencapai sekoci yang belum jauh (mana bisa,dasar orang jadul).Banyak juga orang yang tetap berusaha untuk bertahan dgn berpegangan pada pinggiran Kapal yang cukup kuat.Titanic mencapai kemiringan 10 derajat.Cerobong asap mulai roboh karena tekanan air dan menimpa mereka yang berada tepat dibawahnya.

(Titanic terbelah dua)

Pukul 2.15 dinihari,lampu kapal berkurang kekuatannya.Setelah berkedip beberapa kali,lampu kapal akhirnya mati seluruhnya,menyebabkan kepanikan yang sudah tinggi makin menjadi jadi.Setelah lampu mati,kapal terdengar bergetar dan suara seperti pecahan kayu yang sangat keras terdengar jelas dan disusul kapal yang terbelah dua akibat tidak kuat menahan bagian belakang yang terangkat ke atas.bagian geladak kembali ke posisi semula selama beberapa detik.

Teriakan penumpang yang masih berada di kapal naas,menambah seram suasana.Bagian depan menarik bagian geladak kapal ke atas menuju ketinggian vertikal.Bagian belakang yang tadinya bertahan dlm posisi "nungging" akhirnya perlahan ikut masuk kedalam air,dan resmi tenggelam pukul 2.15 atau sekitar 2 jam 40 menit dari tabrakan gunung es.

Bagian depan,tenggelam dengan kecepatan yang sama seperti saat ia berlayar sekitar 40 km/jam sebelum "mendarat" didasar lautan dgn perlahan.Namun bagian pecahan geladak,bergerak ke bawah sambil terpontang panting akibat masih banyaknya udara di dalam geladak saat tenggelam.Akibatnya,geladak kapal terburai parah dan hampir tidak bisa dikenali saat ini.Kedua bagian baik Haluan dan geladak,terpisah sekitar 2 kilometer di dasar laut Atlantik utara.

Para penumpang yang tersisa,langsung mati lemas dalam sekejab akibat terkena Hypothermia atau bahasa kasarnya kedinginan.Maklum saja air laut saat itu hanya -2 derajat celsius.Pada awalnya para penumpang ini berteriak teriak kepada mereka yang berada di sekoci,namun tidak dipedulikan,karena takut mereka menyerbu sekoci dan membuat sekoci tersebut terbalik.Keramaian berkurang dalam hitungan menit setelah mereka mati.Hanya 1 sekoci kembali untuk menyelamatkan para korban ini.Dari sekian ribu orang yang terjun ke laut yang dingin,hanya 13 orang yang berhasil selamat setelah bertahan di air es selama kurang lebih 40 menit.

(SS Carpathia saat berhasil mengangkut korban Titanic dgn selamat)

2 jam setelah Titanic hilang dari pandangan,Carphatia akhirnya berhasil mencapai Titanic.Kru Carpathia mengangkut sekoci Titanic dan langsung diberi supply makanan dan minuman hangat.Menurut informasi yang gw dapat dr berbagai sumber,White Star Lines bertanggung jawab atas kecelaakaan ini,namun kapten Smith yang memerintah di atas kapal,dibebaskan dari segala kesalahan (ironis seklai,Smith lah yang menaikan kecepatan Titanic berlebihan)

Kejadian Titanic membuat banyak perubahan pada aturan Maritim di daratan Eropa bahkan dunia.Sekoci harus memiliki kapasitas yang sama dengan mereka yang naik ke kapal.Lalu aturan baru lain adalah,semua kapal wajib mengaktifkan sistem wireless selama 24 jam penuh.

Titanic Ditemukan
(Bangkai Haluan Titanic setelah ditemukan)
  
Setelah tenggelamnya banyak ahli yang ingin mengangkat kapal itu dari dasar laut.Namun ternyata tidak semudah yang dibayangkan.Tekanan air laut yang terlalu dalam,sangat berbahaya untuk diselami dgn peralatan selam saat itu (bahkan hingga kini).Ahli juga berpendapat berbagai teori tenggelamnya Titanic.Banyak yang percaya bahwa Titanic tidak terbelah dua.Titanic tenggelam sedalam 4 km.

Bangkai Titanic tidak ditemukan hingga tahun 1985 dimana penggabungan USA dan Perancis yang menggunakan teknologi pendeteksi baja terhebat saat itu.Itupun para investigator hanya mampu mengambil foto sederhana.Namun penemuan ini mengguncang dunia terutama para korban selamat Titanic yang masih itu masih hidup.

Penutup
Saya amat sangat terkejut dengan berbagai Ironi di Titanic.Salah satunya Tagline "Unsinkable".Thomas Andrews secara mengejutkan berkata "Bahkan Tuhan pun Tidak Mampu Menenggelamkannya".Dari peristiwa dan perkataan Thomas ndrews yang begitu mengagungkan karyanya,saya sebagai umat beragama menyimpulkan bahwa "Ada langit diatas langit".Tidak ada manusia yang bisa melebihi Tuhan sang maha Pencipta.Menurut Andrews,Tidak ada yg bs menengelamkan Titanic,namun bagi Tuhan,tak ada yang mustahil.

"Titanic....terkenal saat pelayaran pertama sebagai kapal mewah yang tak bisa tenggelam"
"Titanic....jauh lebih terkenal ketika ia karam di dasar laut Atlantik Utara"

Jadi bagi para pembca Extreme Enigma sekalian,berkaryalah sebaik mungkin,namun janganlah melupakan DIA yang diatas segalanya.Dan juga Keep living in the moment with me Jeff Hardy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar