Senin, 24 Maret 2014

Doraemon...Kucing Robot yang Penuh Keajaiban

Hai guys,back to this stupid blog once again!hehehee
Untuk pertama kali-nya dalam Sejarah X-E (X-treme-Enigma),blog bodoh ini akan membahas tentang Anime.Para pembaca,siapa sih yang gak tau Doraemon?Adakah disini yang masih tidak kenal robot kucing kelahiran 3 September 2112 ini?

FYI,Doraemon pertama kali di publish pada tahun 1969 oleh Fujio Bersaudara (Fujiko A.Fujio dan Fujiko F.Fujio).Konsep komik Doraemon adalah sebuah robot kucing yang dikirimkan oleh cucu cucu buyut tokoh utama (Nobita) bernama Sewashi dari masa depan untuk membantu Nobita dalam menghadapi hidupnya.Doraemon dilengkapi dengan alat2 ajaib dari masa depan yang tentunya tidak ada dalam kehidupan nyata.Dan dari sinilah kehidupan Nobita yang ditakdirkan mengalami kesulitan,berubah drastis,termasuk dalam kehidupan cinta-nya (kalau aja Doraemon ada untuk membantu gw).

Oh iya,Doraemon ini merupakan salah satu Iconic Manga di Jepang.Bahkan Doraemon merupakan satu dari 3 anime terkenal yang paling dikenang diluar Jepang (termasuk Indonesia) setelah Sailor Moon dan Naruto:Ultimate Ninja.

Doraemon mengeluarkan alat ajaibnya dari kantong putih di perutnya yang buncit.Alat2 Doraemon yang paling dikenal oleh anak2 adalah:"Baling2 Bambu","Pintu Kemana Saja","Kamera Pengganti Baju" dan "Mesin Waktu".Khusus untuk Mesin Waktu,tidak termasuk dalam alat2 kantong Doraemon,melainkan laci meja Nobita.

History of Doraemon (X-E Version)
Tahun 2112 (98 tahun lagi per 2014),keluarga Nobi mengalami kesulitan yang amat sangat,Sewashi yang tidak tahan dgn kesulitannya,membeli sebuah robot kucing yang dilelang dalam sebuah toko robot masa depan.Ia lalu mengirim robot kucing bernama "Doraemon" itu ke dunia 100 tahun lebih sebelumnya yakni zaman kakek kakek buyutnya (beda 3 generasi).Ini dikarenakan keluarga Nobi masa depan,memiliki hutang finansial yang menggunung dan tidak bisa dibayar dengan mudah akibat dari kegagalan hidup Nobita masa sebelumnya.

Doraemon muncul dari laci meja belajar Nobita,dan membuatnya terkaget kaget.Dan dari sinilah cerita Nobita dan Doraemon dimulai dengan kejadian yang lucu,kocak,menggemaskan,menyedihkan,penuh cinta,bahkan mengharukan".Doraemon juga membantu NObita dalam masalah yang dihadapinya mulai dari pelajaran sekolah,relasi buruk dengan Giant dan Suneo,serta Cinta nya dengan Shizuka.

Tokoh Utama
 Dari kiri ke kanan:Dekisugi,Shizuka,Nobita,Ibu Nobita (baju Pink),Giant,Suneo,Ayah Nobita (baju biru)
Dari Depan:Doraemon,Dorami,Jaiko

Nobita

Lahir pada 7 Agustus dgn zodiak Leo.Anak Tunggal dari Ayah dan Ibunya.Nobita merupakan anak yang ber-simbol "Unfortune" atau tidak beruntung.Disekolah,Ia mendapat Image yang buruk dari teman2 sekolahnya karena sering terlambat masuk,lupa mengerjakan PR,malas membuat tugas gurunya,dan sering salah tingkah yang merugikan dirinya sendiri.Di kehidupan sosialnya,Ia juga sering dijahili oleh teman2nya (notably Giant dan Suneo).Dikeluarganya pun,Ia sering mendapatkan ocehan dari orang tuanya.

Nobita,meskipun memiliki kepribadian buruk,ternyata memiliki sisi lain.Ia tak pernah sekalipun menyimpan dendam kepada siapapun yang menyakitinya.Ia juga tulus bila membantu teman2nya jika dalam kesusahan.Nobita juga memiliki "Romantic Feeling" terhadap Shizuka,tokoh wanita dalam Seri Doraemon.

Aslinya,tanpa doraemon,Nobita bernasib sangat buruk.Berkali kali gagal masuk Universitas,hingga menjadi bangkrut karena tidak mampu bekerja dengan baik.Hal ini pun berujung pada turunya keluarga Nobi untuk generasi berikutnya.Nobita bahkan menikah dengan adik perempuan Giant yakni Jaiko yang gemuk dan obesitas.Jaiko pun kecewa dengan kegagalan suaminya,dan meninggalkan Nobita.

Namun sejak dibantu Doraemon pada masa kecil hingga menjelang dewasa,Nobita memiliki masa depan yang jauh lebih baik.Nobita mampu masuk Universitas (meskipun di salah satu episode dijelaskan sebagai "Mahasiswa Cadangan"),dan bahkan bekerja sebagai Anggota (sejenis) DPR bidang lingkungan hidup.Nobita juga berhasil mendapatkan Shizuka sebagai istrinya woohoooo!!!!

Doraemon

Tokoh Central dari seri ini.Doraemon memiliki tinggi 130 cm,tetapi berat badannya mencapai 130 kg (sekitar 285lbs atau sama dengan pegulat WWE Big E Langston).Doraemon mampu berlari dgn kecepatan 130km/jam dengan kepalanya yang sekuat besi baja.Seperti yang gw jelasin diatas,Doraemon memiliki alat2 ajaib dari kantongnya.Namun jika diperhatikan,bila dalam situasi darurat,isi kantong doraemon ternyata banyak sekali benda2 yang tidak berhubungan sama sekali (seperti teko air,setrika,magic jar dll).Doraemon juga robot yang sensitif karena bila ada satu bagian kecil sekalipun hanya baut yang kendor,pasti ia akan mengalami masalah.

Doraemon dibeli oleh Sewashi dari toko robot tahun 2112.Doraemon aslinya memiliki cat kuning serta telinga kucing.Namun karena digigit oleh seekor tikus,Doraemon kehilangan kedua telinganya,dan saking takutnya,warnanya luntur menjadi biru.Namun Ia tetap dikirim ke masa lalu oleh Sewashi (Ralat: Kuping nya itu digigit oleh sebuah robot tikus juga. Dan itu karena salah gigit, seharusnya robot tikus itu menggigit doraemon rekayasa, tp malah kegigit doraemon asli. Pencipta robot doraemon ada mencoba perbaiki telinganya, tp gk berhasil krn digigitnya ud terlalu parah. Karena telinganya hilang, doraemon diketawain sama pacarnya, akhirnya dia minum ramuan biar gk sedih. Tp ternyata dia salah minum ramuan yang malah membuat dia nangis 3 hari 3 malam dan warnanya berubah menjadi biru dan suara nya pun berubah....Sumber:Sherly Novika)

Ia sering kali membantu Nobita untuk memperbaiki nasibnya yang kurang beruntung itu.Dan nampaknya berhasil karena Nobita memiliki nasib yang jauh lebih baik.Meskipun tidak diceritakan dengan jelas,disemua versi cerita Doraemon,Ia meninggalkan Nobita sesaat setelah Nobita dewasa.

Shizuka

Rasanya garing banget kalo misalnya gak ada tokoh perempuan dalam sebuah seri komik.Nah di Doraemon,ada tokoh wanita bernama Shizuka Minamoto (lahir 8 May).Shizuka merupakan salah satu karakter yang tetap memiliki pandangan baik terhadap Nobita.Shizuka dan Nobita sudah dekat sejak mereka kecil,dan sering melindungi Nobi dari Bully-ing Giant dan Suneo.Maka dari itulah,Nobita nampak mencintai Shizuka.Namun emg dasar,namanya kehidupan gk ada yang lurus,Nobita harus bersaing dgn si "Boy Genius" bernama Dekisugi.

Shizuka menyukai yang namanya kebersihan.Ia bisa mandi berkali kali dalam sehari (boros air = =").Ia juga penyayang binatang seperti Anjing,dan burung kenari.Secara mengejutkan Shizuka juga memiliki "Romantic Feeling" terhadap Nobita,meskipun menutup diri dari teman2nya yang laki laki.Shizuka juga hobby musik Piano dan biola agar memiliki alasan untuk menolak ajakan Nobita untuk pergi bersama.

Bertahun tahun kemudian,Shizuka dipinang oleh Nobita,dan mereka pun menikah!

Takeshi "Giant" Gouda

Nah seorang anak berbadan besar yang suka mem-bully teman2 lain.Ia dan Suneo sering menjahili Nobita.Giant juga sering meminjam barang tanpa mengembalikannya.Ia dikenal sok jagoan oleh teman2nya.Karena inilah ia tidak disukai oleh teman2 sekelasnya.Ia juga sering menyanyi,namun suara sangat buruk dan sering mengganggu orang sekitarnya.

Namun disisi lain,Giant memiliki sisi lembut.Ia tak akan berpikir dua kali untuk menolong teman2nya yang sedang kesusahan bahkan bahaya.Giant juga disegani oleh adiknya bernama Jaiko.

Suneo Honekawa

Bocah berwajah rubah yang bersama Giant sering menjahili Nobita.Ia adalah anak orang kaya dilingkungannya.Suneo lahir pada 29 Febuary.Ia sering bercermin dan mengatakan bahwa ia adalah laki2 yang paling tampan (uueeekksss).Suneo juga masih sering mengompol meski sudah besar.

Ia juga sering terlihat sebagai sosok penakut,meskipun adiknya Sunemaru Honekawa,mengatakan bahwa Suneo adalah Kakak terbaik didunia.

Dekisugi
Dekisugi merupakan murid baru disekolah Nobita.Ia memiliki banyak perbedaan yang kontras dengan Nobita.Anaknya supel,rajin belajar,juga sering mendapat nilai tertinggi dikelas.Tak jarang kedekatannya dengan Shizuka sering membuat Nobita cemburu.

Dorami
Adik dari Doraemon.Dorami merupakan versi "Improve" dari Doraemon,karena ia memiliki banyak keunggulan dari kakaknya.Dorami memiliki 10.000 tenaga kuda.Lahir tahun 2114

Christine "Jaiko" Gouda

Adik perempuan dari Giant.Ia juga berbadan besar seperti kakaknya.Jaiko bercita cita sebagai seorang seniman (atau penulis dibeberapa versi).Jaiko adalah istri Nobita bila Doraemon tidak membantu Nobita di masa lalu,yang lalu meninggalkan Nobita setelah bangkrut (dasar cewek!)

Bercita sebagai penulis,Karyanya sering ditolak oleh berbagai publisher

Ayah dan Ibu Nobita


Ayah (Nobisuke Nobi) dan Ibu (Tamako Nobi),adalah tokoh pelengkap dalam seri doraemon.Mereka memiliki kepribadian yang sangatlah kontras.Ayahnya memiliki kepribadian yang lembut dan sayang terhadap Nobita,tapi karena berlebihan,Nobita sering menjadi manja.Hal ini dikarenakan kakek Nobita,sering memperlakukan Nobisuke kecil dgn kasar,sehingga Nobisuke mengasuh Nobita dgn lembut agar tak seperti dirinya.

Ibu Nobita,memiliki kepribadian yang keras dan udik.Sejak kecil memang keras dan terbukti jauh lebih berani dibanding Nobita saat ini bahkan kepada anak laki laki.Hobby-nya tidur siang dan merangkai bunga.Ia sering dilihat sebagai Antagonis di seri mingguan,karena sering menghukum Nobita jika mendapat nilai buruk.


TOKOH LAIN:Nenek dan Kakek Nobita (keduanya meninggal),Guru sekolah,teman2 sekelas,Mini Dora,Nobisuke Jr.,orang tua teman2 Nobita,Mii-Chan.

Publikasi Doraemon
Sejak debut nya tahun 1969,Doraemon di perkenalkan ke publik dalam rupa Komik,Film mingguan,dan bahkan Film layar lebar.Doraemon juga muncul di Video Games.Kemunculan Doraemon telah mengembangkan sisi Anime Jepang saat itu.Tidak ada sebelumnya cerita tentang seperti apa itu masa depan dunia.
Doraemon juga terkenal diluar Jepang seperti Perancis,Amerika,Inggris dan Indonesia.  
          
Nilai Moral dari Seri Doraemon (X-E Vers.)
1.Don`t Judge Book by It`s Cover

Untuk yang satu ini ditujukan untuk Si tuan putri Shizuka hehehehe.Karena meskipun Nobita berkepribadian buruk,Shizuka tetap meilhat Nobita sebagai Lelaki ideal yang bisa diandalkan.Shizuka juga tidak memandang Nobita dari penampilan atau harta,sebaliknya karena sisi lain Nobita yang penyayang dan tidak pendendam.Di kehidupan nyata jarang loh cewek kayak Shizuka.

2.Pantang Menyerah
Pantang menyerah ditujukan untuk Nobita.Ia tak pernah menyerah untuk mendapatkan apa yang ia dapatkan termasuk Shizuka.

3.Cerdik
Nah ini Suneo banget.Meskipun bulus dan licik,Suneo patut diacungi jempol karena mulutnya yang ajaib untuk berbicara kepada orang lain termasuk Giant yang kasar.

4.Revenge Solve Nothing
Ini juga Nobita.Sifat uniknya jarang bahkan tidak dimiliki oleh orang lain.Ia tidak pernah dendam terhadap mereka yang telah menyakitinya.

5.Gambar ini:
     
Okey Guys itu dia tadi informasi singkat tentang Doraemon yang penuh dgn keajaiban,jgn lupa kasih komentarnya ya!And Keep Living for the moment with me Jeff Hardy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar