Selasa, 18 Maret 2014

Tipe-Tipe Helm di Indonesia

Hello guys,setelah seminggu gak nulis,akhirnya bisa nulis lg.Karena sibuknya menjelang perayaan di gereja,gw jd jarang ngurusin blog bodoh ini.Okey kebetulan sekali,saat gw menulis artikel ini,gw sedang berada didalam kesendirian di ruangan kelas yang dinginnya gk ketolongan.Teman2 gw memanfaatkan jam kosong untuk melepaskan penat di siang hari yang panas.Tapi sayang gw gk bisa bergabung dgn mereka.


Langsung aj deh,tadi pagi saat gw berangkat kuliah dengan teman gw,gw melihat seorang pemotor memakai pelindung kepala atau helm yang unik.Helmnya berbentuk kucing biru atau lebih dikenal 'Doraemon"!LA LA LA Aku Sayang sekali,Doraemon!

Iseng2 search di mbah google,ternyata ada pict nya!Wah ternyata lucu juga helm ini.Tapi sayangnya gw gk mw nulis tentang si Doraemon,namun tentang helm-nya.Helm di Indonesia sejak sekitar tahun 2008,harus standar SNI (Standar Nasional Indonesia) berupa logo yang timbul di setiap helm.Ini diakibatkan oleh maraknya penggunaan helmm tidak standar oleh setiap pengemudi,yang tentunya beresiko kecelakaan.

Helm adalah bentuk perlindungan tubuh yang dikenakan di kepala dan biasanya dibuat dari metal atau bahan keras lainnya seperti kevlar, serat resin, atau plastik. (Wikipedia)

Di Indonesia ada 4 type helm yang dikenal masyarakat:
1.Helm Cetok
Jujur aja gw agak keberatan menyebut benda ini sebagai "helm".Karena lihat saja bentuk dan strukturnya yang tak lebih dari sebuah topi.Wajar saja Polisi tidak mengakui kedaulatan helm ini,karena perlindungan terhadap kepala bahkan tak sampai 50%.Seperti topi,helm cetok hanya menutupi bagian batok kepala kita.Dan tentu saja sebagian besar kepala masih terbuka,sehingga membahayakan.meskipun begitu,di beberapa kota di USA,helm ini masih memenuhi standar keamanan.

Dahulu,helm ini sangat diminati karena selain harganya yang murah (tidak sampai Rp 50.000),juga praktis.Namun sejak 2008,helm ini sangat langka ditemui (dirumah gw masih ada sih)

2. Helm Open Face
Yang kedua adalah Open Face atau terkadang disebut "Half Face".Dari namanya saja kita sudah bisa tahu bahwa helm ini memiliki fitur dimana wajah tetap terbuka.Helm ini memiliki perindungan yang jauh lebih baik dari Helm Cetok karena menutupi hampir seluruh bagian kepala.Helm ini juga memiliki harga yang lebih mahal berkisar antara Rp 90.000 hingga Rp 150.000.Open Face sudah memenuhi standar SNI.

Kelemahan nya adalah,kurang pengamanan bagian wajah yang terbuka.Amit2 kalau terjatuh bagian depan lebih dahulu,kaca yang pecah bisa mencederai wajah bahkan mata dan mulut.

3.Helm Full-Face
 
Nahhhhh ini baru helm!!Helm Full face merupakan helm yang memeberi pelindungan 100% terhdap kepala kita karena menutupi seluruh bagian kepala.Namun memang diakui,harga helm ini  yang cukup tinggi,membuat helm ini kurang diminati.Sensasi berkendara sangat terasa dengan menggunakan helm type ini.

Namun kekurangannya adalah,karena tertutup dengan penuh,pendengaran kita jadi sedikit berkurang bila dibandingkan dengan menggunakan helm open face.Selain itu,bagi Rider yang memakai kacamata akan sedikit sulit mengenakan dan melepas helm ini.

4.Helm Flip (Up and Down)
 
Helm Flip adalah sebuah helm yang merupakan perpaduan antara Open dan Full Face.Bentuknya terbilang unik karena bila terbuka akan terlihat seperti Open Face helmet dan jika di tutup akan sulit membedakannya dengan helm full face biasa.Helm ini terbilang nyaman untuk kami para Rider yang mengenakan kacamata karena Chin guard yang bisa dinaikan keatas.

Kelemahannya adalah chin guard atau pelindung dagu yang ringan akan mudah tertiup angin dan jika rider terjatuh,dikhawatirkan Chin guard tersebut akan terbuka dan tentu membahayakan wjah si Rider itu sendiri

Nah itu dia tadi sekilas tentang ke 4 jenis helm yang beredar di Indonesia.Pilihannya ada 3 (tidak termasuk no 1 hehehee) jadi silahkan pilih sesuai kebutuhan dan budget anda.Ingat!Keselamatan diri lebih penting daripada gaya anda diatas motor!

Tx for Reading,and keep living in moment with me Jeff Hardy!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar